Para penumpang yang ingin mudik lebaran memenuhi ruang tunggu pelabuhan Domestik TBK
Para penumpang yang ingin mudik lebaran memenuhi ruang tunggu pelabuhan Domestik TBK (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun memperketat pengawasan di pintu masuk pelabuhan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi maraknya aksi penyeludupan menjelang hari Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

Selain patroli rutin di laut, pengawasan di pintu masuk Pelabuhan Internasional dan Domestik Tanjungbalai Kelas I Karimun juga tak luput dari pengawasan.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Tanjung Balai Karimun, Martin Tryanto mengatakan untuk meningkatkan pengawasan pihaknya banyak petugas yang diperbantukan dari bagian staf.

“Untuk pengawasan seperti di pintu masuk pelabuhan dan patroli rutin terus kita lakukan. Dan kita banyak diperbantukan dari staf yang non muslim,” kata Martin belum lama ini saat ditemui di kantornya.

Martin menyebut bahwa, sejak dicabutnya fasilitas bebas cukai rokok dan minuman beralkohol untuk Batam, Bintan, dan Karimun pihaknya banyak melakukan penegahan rokok dan minuman.

“Sebulan terakhir ini kita banyak lakukan penegahan minuman dan rokok. Mungkin ini ada pengaruhnya karena fasilitas bebas cukai sudah dicabut,” kata Martin.

Dijelaskan Martin, untuk tegahan rokok dan minuman paling banyak berasal dari Batam, Pinang dengan tujuan ke Karimun.

“Baru-baru ini kita juga ada mengamankan 4 karton minuman dan rokok di pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KPK),” ujar Martin.

Minuman dan rokok hasil tegahan KPPBC itu rencananya akan dimusnahkan usai libur lebaran nanti.(parulianturnip)