Kolam fasilitas di Air Terjun Pongkar. (foto karimun-kab.go.id)

Jika belum ada agenda berwisata bersama keluarga atau teman, ada baiknya mencoba mendatangani destinasi wisata satu ini. Ya, Air Terjun Pongkar. Wisata bernuansa alam pegunungan yang berada di daerah kepulauan yang notabenenya alam laut. Bisa disebut objek wisata ini berada di tengah kepungan laut mengingat pengunungan yang berada di tengah kawasan laut.

Wisata ini terletak di kaki Gunung Jantan, Desa Pongkar Kecamatan Tebing. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita akan menempuh perjalanan darat sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Tanjungbalai Karimun. Atau berjarak sekitar 20 kilometer.

foto karimun-kab.go.id

Setiba di lokasi wisata alam pegunungan ini, kita akan mendapati berjejer penjaja kuliner. Ada khas Melayu dan juga beberapa masakan nusantara lainnya. Bisa menikmati kulinernya dulu, atau sekembalinya dari atas air terjun nantinya.

Untuk menjangkau titik air terjun, kita harus berjalan melewati jalan setapak, sepanjang sekitar 300 meter dengan kontur jalan menanjak.

foto karimun-kab.go.id

Melalui bukit-bukit dengan pemandangan susuran sungai-sungai kecil yang berhias pepohonan hutan rindang. Rasa segar akan kita dapatkan sejurus kemudian. Ini sangat cocok bagi kita menyukai jalan trakcing di alam terbuka, Air terjun pongkar adalah destinasi cukup tepat.

Setibanya di lokasi air terjun, kita bisa rehat sejenak di shelter yang disediakan pengelola. Setelah penat terlepaskan , kita bisa menikmati mandi air pegunungan di kolam yang tersedia di bawah air terjun.

Pengunjung bisa mandi atau sekedar menikmati pemandangan alami di lokasi air terjun tersebut.

Peta dan koordinat GPS: 1° 6′ 10.90″ N 103° 21′ 54.00″ E. (*/msa)