Suasana Apel Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021, Jumat (18/12/2020). )(rko)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 33 armada angkutan laut siap melayani masyarakat Kabupaten Karimun ketika libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2021.

Keseluruhan armada itu akan melayani pelayaran dalam negeri dengan tujuan Sekupang, Harboar Bay, Selat Panjang, Buton, Dumai, Moro, Tanjungpinang, Tanjungbatu Kundur, Penyalai dan Tembilahan.

Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Capt Barlet Silalahi mengatakan, sebanyak 33 armada itu memiliki kapasitas daya angkut penumpang sebanyak 7422 orang.

“Armada yang kita siapkan tahun ini ada 33 armada dengan kapasitas angkutan 7.422 orang. Selain dari itu juga ada 1 kapal Pelni serta 1 Kapal milik ASDP yang juga siap melayani angkutan nantal dan tahun baru nanti,” kata Barlet usai pimpin Apel Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021, Jumat (18/12/2020).

Selain 33 Armada itu, Ia mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan kapal cadangan apabila terjadi lonjakan penumpang saat Nataru mendatang.

“Antisipasi lonjakan penumpang, kita telah berkoordinasi dengan INSA untuk menyiapkan kapal cadangan. Jadi kita telah siap secara keseluruhan,” ujarnya.

Sementara untuk sisi keselamatan, Barlet menyebutkan, pihaknya juga telah mengimbau kepada penyedia jasa angkutan laut untuk selalu waspada dan tidak memaksakan mengangkut penumpang ketika cuaca sedang buruk.

“Selain itu dalam masa Pandemi ini, kita juga imbau agar penyedia jasa angkutan laut untuk mengatur jarak tempat duduk, sementara di pelabuhan kita sudah ada tim gugus yang akan standby mengontrol agar tidak terjadi penumpukan massa,” katanya.

Barlet juga memprediksi untuk lonjakan penumpang di Pelabuhan Karimun diperkirakan akan terjadi pada H-1 Natal yakni pada 24 Desember mendatang, dan untuk tahun baru akan terjadi pada 28 Desember.

“Untuk arus balik itu tanggal 3, kita berharap semuanya akan berjalan dengan lancar. Kita juga sudah siapkan posko pengamanan di pelabuhan untuk sarana informasi bagi penumpang,” katanya. (rko)