Karimun, Lendoot.com – Perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Karimun ke XIII telah dimulai, Senin (15/3/2021) kemarin. Rangkaian kegiatan telah dimulai dengan pelantikan 73 orang Dewan Hakim oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim di Gedung Balai Srigading Kecanatan Kundur.

Dalam pelantikan itu, para juri juga disumpah untuk berlaku jujur, adil dan transparan. Ini agar hasil juara yang didapat benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan bisa membawa nama Kabupaten Karimun lebih baik lagi ke depan. Ajang tahunan ini rencananya akan dibuka Selasa (16/3/2021) malam ini dan akan dihadiri langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, STQ Kabupaten Karimun akan berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu mengingat, pelaksanaan kegiatan yang digelar ditengah Pandemi Covid-19.

“Banyak yang dikurangi, termasuk dewan hakim untuk STQ. Untuk tahun ini kita hanya menyiapkan 73 orang Dewan Hakim dari yang sebelum- sebelumnya mencapai 100 orang,” kata Anwar Hasyim.

Ia mengatakan, kontribusi dari para dewan hakim dinilai sangat membantu pemerintah dalam hal pendampingin dan pengembangan Al-Quran. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya pengajian Al-Quran yang terus tumbuh dan berkembang.

“Ini menjadi modal kita untuk mendapatkan qori dan qoriah terbaik. Selamat bertugas kepada para dewan hakim. Kualitas qori dan qoriah kita berada pada tangan anda yang melakukan penilaian,” katanya.

Usai pelantikan dewan hakim, pertandingan tilawah sudah mulai dilakukan meski pembukaan baru dapat digelar pada Selasa malam Rabu (16/3/2021), di Islamic Centre Tanjungbatu.

Dari informasi yang diterima, pembukaan STQ ke-13 Kabupaten Karimun akan dihadiri Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

(rko)