30 Rumah di Pamak Laut Terdampak Banjir Rob

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 30 rumah di kawasan Pamak Laut, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing terdampak banjir rob, Senin (23/1/2023).

Pantauan di lokasi, ketinggian air mencapai 70 cm dan nyaris merendam seluruh rumah warga yang terletak tidak jauh dari pesisir pantai itu.

Fenomena alam itu, telah terjadi sejak Minggu (22/1/2023) kemarin dan hari ini mencatat ketinggian tertinggi. Rumah- rumah warga dan musalla nyaris terendam akibat banjir rob tersebut.

Warga Sekitar Wan Taufik mengatakan, kawasan Pamak Laut sudah menjadi langganan banjir rob sejak dari dulu.

“Sejak kemarin, tetapi hari ini tertinggi. Airnya masuk ke rumah,” kata Taufik.

Aktivitas warga Panak laut saat banjir rob merendam sejumlah rumah, Senin (23/1/2023). (Foto : ricky/lendoot.com)

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada penanganan serius dari Pemerintah Daerah untuk penyelesaian permasalahan ini. Menurutnya, Instansi terkait telah beberapa kali turun ke lokasi dan membangun turap atau penahan air, namun hal itu tidak dapat menyelesaikan permasalahan dan banjir rob terus merendam rumah- rumah warga.

“Memang sudah ada kemarin dibangun turap, tetapi tirap untuk penurunan air. Kami menginginkan turap untuk pembendungan air di pesisir pantai, agar tidak ke darat,” katanya.

Ia berharap, Pemerintah Daerah untuk dapat turun langsung ke lokasi, guna melihat kondisi rumah- rumah warga yang terendam.

“Apabila keuangan Pemerintah Daerah tidak mampu, kami minta ini dibawa ke Provinsi. Banjir rob ini berdampak terhadap aktivitas masyarakat, kami jadi tidak bisa bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya,” katanya.

(*)