Karimun, Lendoot.com – Proses vaksinasi tahap awal di Kabupaten Karimun berjalan dengan aman dan lancar. Saat ini, tercatat sebanyak 855 Tenaga Kesehatan telah divaksinasi Covid-19.

Sejak dicanangkan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, pada Sabtu (31/1/2021) lalu, secara bertahap vaksinasi kepada tenaga kesehatan terus dilakukan hingga ketingkat kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Karimun secara keseluruhan berjumlah 2.021 orang. Artinya, sudah sekitar 40 persen telah menerima vaksin Covid-19.

“Sebanyak 855 Nakes telah divaksin Covid-19. Data kita ada sekitar 2.021 nakes di Karimun,” kata Rachmadi, Kamis (4/2/2021).

Rachmadi mengatakan, selama berjalan tahapan vaksinasi, pihaknya juga mendapatkan 154 nakes yang gagal divaksin. Hal itu disebabkan para nakes itu tidak lolos pemeriksaan kesehatan oleh tim Vaksinator.

“Itu karena ada yang mengidap penyakit riskan, sehibgga tidak bisa dipaksakan,” katanya.

Selain batal divaksin, ada sebanyak 68 orang nakes yang ditunda pemberian vaksin Covid-19 karena mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

“Nanti kalau sudah stabil atau normal tekanan darahnya baru divaksin, kan cuma penundaan bukan pembatalan,” kata Rachmadi.

Ia menyebutkan, sampai hari ke-4 vaksinasi, pihaknya belum ada menemukan adanya penerima vaksin yang mendapatkan keluhan.

“Gangguan kesehatan secara signifikan belum ada,” kata Rachmadi.(rko)