Karimun, Lendoot.com – Tim Bison Satuan Reserse dan Kriminal Polres Karimun menggerebek lokasi penampungan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Ranggam, Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Selasa (16/3/2021) sore.

Dalam pengrebekan itu, sebanyak 12 orang calon TKI didapati sedang berada di dalam rumah tersebut. Rencananya, mereka akan diberangkatkan menuju Malaysia melalui Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, pengungkapan itu setelah pihak kepolisian dari Polres Karimun menerima informasi dari Direktorat Kriminal Umum Polda Kepri.

“Kita mendapatkan informasi dari Diskrimmum Polda Kepri. Setelah kita tindak lanjuti, ternyata memang benar adanya,” kata Adenan, Rabu (17/3/2021).

Dari rumah penampungan itu, pihak kepolisian temukan 12 orang TKI yang terdiri dari 11 orang laki- laki dan seorang perempuan.

“Kita juga amankan satu orang diduga tekong kapal yang akan membawa 12 orang itu ke Malaysia melalui jalur laut,” katanya.

Adenan mengatakan, sebanyak 12 orang TKI itu usai pengrebekan langsung dibawa ke Mapolres Karimun. Dari hasil keterangan yang didapati TKI itu berasal dari daerah luar Karimun.

“Untuk berangkat ke Malaysia melalui jalur ilegal itu, satu orang membayar sejumlah uang, yaitu sebesar Rp4 juta,” katanya.

Saat ini, para calon TKI tersebut masih dilakukan pendataan dan diminta keterangan oleh pihak kepolisian, termasuk tekong yang juga diamanakan.(rko)