Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Dodi Naksabani menyerahkan berkas Remisi Khusus Hari Besar Keagamaan Natal tahun 2020. (rko)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 10 Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II  B Tanjungbalai Karimun akan terima remisi atau pemotongan massa tahanan di hari perayaan Natal 2020, Jumat (25/12/2020) mendatang.

Remisi diberikan kepada narapidana yang sudah memiliki putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dan bukan kepada tahanan.

Berkekuatan hukum tetap bagi narapidana berarti sudah memiliki kelengkapan dokumen berupa putusan pengadilan, berita acara putusan pengadilan, Surat Perintah Pelaksanaan Putusan pengadilan dan surat penahanan dari penyidik.

Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Dodi Naksabani mengatakan, pemberian remisi kepada 10 orang narapidana adalah Remisi Khusus Hari Besar Keagamaan Natal tahun 2020. Usulan diberikan kepada narapidana yang telah menjalani hukuman lebih dari 6 bulan.

“Tahun ini ada 10 napi terima remisi khusus Natal. Mereka narapidana yang telah memenuhi persyaratan, salah satunya telah menjalani masa hukuman 6 bulan,” kata Dodi, Selasa (22/12/2020).

Ia mengatakan, selain telah menjalani masa hukuman 6 bulan Narapidana yang mendapatkan remisi tersebut menurutnya telah memenuhi syarat administratif.

“Remisi diberikan beragam ada yang 15 hari dan 1 bulan. Untuk remisi kali ini, ada 8 orang yang terima pemotongan masa tahanan selama 1 bulan, sementara 15 hari ada 2 orang,” katanya.

Adapun sepuluh narapidana yang menerima remisi itu antara lain dari perkara narkotika sebanyak 4 orang, pencabulan 3 orang, kepabeanan 1 orang, pencurian 1 orang, asusila 1 orang.

Pemberian remisi tersebut akan diberi saat perayaan natal pada 25 Desember mendatang. Penyerahan remisi langsung diberikan Karutan Karimun Dodi Naksabani.(rko)