ilustrasi tanda gula darah sedang naik / health.grid

MEDIAKEPRI – Mengecek kadar gula dalam darah secepatnya sangat penting dilakukan agar kita bisa cepat mengantisipasi menjadi penyakit berbahaya, yakni gula, atau diabetes.

Kadar gula darah tinggi ini disebabkan kurangnya pasokan insulin atau hormon insulin yang tidak dapat bekerja dengan optimal di pankreas.

Pola makan, serta asupan makanan yang masuk ke tubuh kita menjadi penyebab utama yang menurunkan fungsi hormon insulin tersebut.

Terlalu banyak konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti nasi, gula, pemanis buatan dan beberapa makanan lainnya, seperti makanan berbahan baku tepung-tepungan, bisa jadi salah satu penyebabnya.

Sebab kerja pankreas menjadi berat dan tidak sebagaimana seharusnya, sehingga pasokan insulin yang merubah gula menjadi karbohidrat itu tidak bekerja maksimal.

Yang dirasakan tubuh saat kadar gula tinggi, seperti dikutip dari MEDIAKEPRI.co dari akun YouTube VDVC Health dari dr Wismandari Wisnu, Sp PD-KEMD, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Sering Lemas Setelah Konsumsi Karbohidrat
    Penderita diabetes mengalami lemas setelah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.
    Karbohidrat yang dipecah menjadi gula sederhana masuk ke dalam aliran darah, karena sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula atau glukosa sebagai sumber energi.
    Dengan demikian, tubuh kekurangan energi hingga menjadi lemas.
    Baca Juga: Ingat! Menahan Kentut Berbahaya Bagi Kesehatan
  2. Sering kencing dan haus
    Saat kadar gula tinggi, gejala yang dialami tubuh yaitu sering kencing. Kadar gula yang terlalu tinggi menyebabkan ginjal secara otomatis mengeluarkan banyak gula dari tubuh, yang salah satu caranya dengan kencing. Semakin sering kencing, penderita diabetes akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penderita diabetes juga
  3. mengalami gejala sering haus.
  4. Sering Mengantuk Setelah Konsumsi Karbohidrat
    Sering mengantuk setelah makan yang mengandung karbohidrat menjadi salah satu gejala kadar gula dalam darah tinggi.
    Hal ini dikarenakan karbohidrat yang dipecah menjadi glukosa atau gula, tidak masuk ke dalam sel melainkan beredar di darah.
  5. Pandangan Mata Kabur
    Pandangan mata kabur menjadi salah satu dampak dari kadar gula yang tinggi.
    Saat mata kabur dan mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter.
    Apabila tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kebutaan.
    Itulah 4 gejala yang dapat dirasakan tubuh saat kadar gula tinggi. Semoga bermanfaat.***

Artikel ini telah tayang di MEDIAKEPRI.co dengan judul PENTING! Jika Rasakan Gejala-gejala ini, Cepat Cek Gula Darah Sebelum Jadi Diabetes

https://www.mediakepri.co/serba-serbi/pr-1031182900/penting-jika-rasakan-gejala-gejala-ini-cepat-cek-gula-darah-sebelum-jadi-diabetes