Suasana vaksin booster di Batam. (dok lendoot)

Kepri, Lendoot.com – Per 23 Juni 2022, Dinas Kesehatan Kepri mencatat capaian vaksinasi booster sebanyak 46,20 persen atau 634.500 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri berusia di atas 18 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi booster yang terus berlanjut hingga saat ini disebut sebagai salah satu upaya yang berhasil mencegah lonjakan kasus kembali terjadi.

“Vaksinasi booster ini sangat membantu mencegah penyebaran Covid-19. Kita bersyukur sekali dan berterima kasih ada langkah nyata pemerintah yang mempermudah kita memperoleh vaksin,” kata Karter seorang warga usai mengikuti vaksinasi, Jumat (24/06/2022).

Seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Kepri menjadi tujuan lokasi pelaksanaan vaksinasi yang digelar Binda Kepri, hari ini.

Terdapat tujuh titik lokasi, yakni di Kota Batam digelar di Lapangan Futsal SP Plaza Batuaji Kota Batam.  Kabupaten Bintan dipusatkan di Aula Kesbangpol Bintan dan Kota Tanjungpinang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pos Penimbangan Bunga, Kelurahan Pinang Kencana.

Sentra vaksinasi di Kabupaten Lingga digelar di Gedung Eks Bank Dagang Negara Jl. Trans Singkep Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep dan di Kabupaten Anambas digelar di Lapangan Kantor Dinkes Anambas, Jalan Imam Bonjol Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan.

Sementara itu, untuk Kabupaten Karimun dilakukan secara door to door di wilayah Pulau Parit Kecamatan Selat Gelam dan di Kabupaten Natuna dilaksanakan di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol RC Gumay mengatakan Binda Kepri akan terus mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan kekebalan masyarakat sebagai antisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 saat ini.

“Meskipun kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kepri sudah landai, tetapi kita tetap mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan di tengah penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia maupun di tingkat global,” jelasnya.

Hingga saat ini, tambahnya, vaksinasi merupakan cara yang efektif menekan penyebaran Covid-19. Sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kepri, jumlah kasus aktif di Kepri yang menjalani perawatan hingga 23 Juni 2022 tersisa 4 orang.

“Binda Kepri berkomitmen untuk ikut terlibat mencegah lonjakan kasus terjadi kembali dengan berperan aktif menggelar vaksinasi agar capaian vaksinasi Kepri meningkat,” ungkapnya.(ddh)