Teknisi sedang memperbaiki mesin PLTU Tanjung Sebatak yang sedang mayor overhaul. (ist)

Karimun, Lendoot.com – PLN  ULP Karimun diperkirakan akan melakukan pemadaman bergilir di Karimun sejak akhir pekan ini, hingga beberapa hari ke depan.

Pemadaman bergilir ini disebabkan adanya pemeliharaan dan kerusakan pada mesin 2 PLTU Tanjung Sebatak, sehingga pasokan listrik ke pelanggan terhentikan, karena keluar dari sistem kelistrikan Tanjung Balai Karimun.

“Performa PLTU unit 2 mengalami derating atau penurunan kemampuan suplay daya listrik yang mengharuskan dilakukan pemeliharaannya,” ujar Manager PLN PLTU Tanjung Balai Karimun, Syaifil Edli kepada awak media siang tadi.

Lebih lanjut, Syaifil Edli mengatakan bahwa pekerjaan diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih selama dua minggu kedepan.

Seperti diketahui, PLTU unit 1 dan 2 menyuplay daya listrik di Tanjung Balai Karimun sebesar 12 sampai dengan 13 Megawatt (MW). Namun saat ini hanya mampu mensuplay daya sebesar 6 sampai dengan 7,5 MW. Dimana PLTU unit 2 hanya mampu suplay daya 2 sampai dengan 2,5 MW.

Sementara itu, Manager PLN ULP Tanjung Balai Karimun, Hendrico menyampaikan, dengan keluarnya PLTU unit 2 dari sistem kelistrikan Tanjung Balai Karimun, mengalami kekurangan atau defisit daya cukup besar.

“Saat ini 1 unit mesin di PLTD Bukit carok juga sedang proses pemeliharaan. Ditambah keluarnya PLTU unit 2 dari sistem TBK, defisit daya pembangkit 3 sampai dengan 4 MW di waktu pemakaian tertinggi pelanggan atau beban puncak. Untuk jadwal pemadamannya akan kita siapkan dan sebarluaskan,” tutur Hendrico. (msa)