Menteri Desa Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (is)

Jakarta – Media massa miliki peran strategis dalam menyampaikan informasi perihal capaian hasil pembangunan desa. Berbagai informasi terkait ragam potensi desa yang bisa dikembangkan dapat dipublikasikan melalui pemberitaan media.

Untuk itu Menteri Desa Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Halim mengungkapkan hal tersebut, seperti Lendoot.com kutip dari situs kemendesa.go.id, Kamis (28/7/2022).

“Tujuannya memang untuk ditiru, dan kita selalu mengatakan ke desa-desa, kalau ingin cepat, tiru desa ini yang sudah bagus sambil disesuaikan dengan desanya, termasuk BUM Desa,” ujar Gus Halim.

Menurutnya, media sangat berperan dalam dalam mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif membangun desanya. Pasalnya media massa baik cetak maupun elektronik sudah semakin banyak digunakan di tingkat warga. Disamping itu, percepatan pembangunan desa juga membutuhkan peran aktif media massa.

“Tanpa media, hasil pembangunan di desa tidak bisa terinformasikan dengan baik ke masyarakat,” tegasnya.

Gus Halim ingin bersinergi dengan media massa  prihal publikasi keberhasilan desa disektor BUM Desa maupun desa wisata.

“Kita ingin menjalin kerja sama soal publikasi desa yang sudah dianggap berhasil baik di sektor BUM Desa maupun desa wisatanya. Harapannya, dengan bantuan media massa, desa yang sukses tersebut dapat menginspirasi desa lainnya,” pungkasnya. (**/msa)