Sesepuh Marga Manullang Kota Batam dala, sebuah acara bebereapa waktu lalu. (ist)

Batam, Lendoot.com – Konon dari sejarahnya, bangso Batak yang terdiri dari marga-marga itu dikenal rasa solidaritas yang tinggi sejak adanya peradaban bangso Batak, khususnya di Indonesia.

Metode orang Batak dalam mengikat tali silaturahmi dan menguatkan serta melestarikan adat budaya Batak biasanya dengan membentuk sejenis wadah dalam lingkup persatuan marga. Sebagian menyebutnya sebagai punguan marga.

Di Kota Batam, punguan marga Batak dari keturunan Raja Manullang juga telah mendeklarasikan dirinya dengan membentuk Punguan Marga Manullang Se-Kota Batam.

Silsilah marga Manullah adalah anak keenam dari Siraja Oloan (Naibaho, Sihotang, Bakara, Sinambela, Sihite dan Manullang).

Manullang disebutkan sebagai pribadi pekerja keras, gigih, jujur dan bercita-cita luhur agar keturunannya memperoleh kesejahteraan lahir dan batin.

Leluhur marga Manullang berasal dari Huta Bakkara di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semangat untuk mencari kehidupan yang lebih baik, keturunan marga Manullang banyak yang merantau ke beberapa daerah di Indonesia, bahkan beberapa belahan dunia lainnya.

Pertumbuhannya kuantitas masyarakatnya cukup besar dan kini banyak bermukim di sejumlah kota di Indonesia, seperti di Batam dan di beberapa negara di dunia.

Di Kota Batam khususnya, jumlah keturunan marga Manullang diperkirakan mencapai 500 Kepala Keluarga. Mereka banyak berprofesi sebagai pengusaha, aparat militer dan kepolisian, karyawan swasta, dan pegawai pemerintahan.

Mengingat marwah dari leluhur Manullang agar selalu setia tolong menolong dalam suka dan duka serta mempererat tali persaudaraan maka telah diadakan pertemuan para sesepuh, pengurus wilayah, dan perwakilan anggota masing-masing wilayah dengan tujuan membentuk punguan Persadaan Toga Manullah Boru-Bere atau disingkat IBEBERE PARTOGAM se-Kota Batam.

Para penasehat IBEBERE PARTOGAM se-Kota Batam, di antaranya; Ir. Saharman Manullang (Op. Si Louven)/br. Hutajulu, Johny Manullang  (Op Si Raja)/br Tamba, Leonard Manullang (Op. Si Baryl)/br Sitanggang, Dulman Manullang (A. Cindy)/br Matondang, Ir Ferry Wise Manullang, MM (A Ondo)/br Hasibuan. (*/ddh)