Lima orang pekerja migran Indonesia (PMI), yang sebelumnya diamankan akan dipulangkan ke kampungnya. (ricky)

Karimun, Lendoot.com – Lima Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diamankan Tim Sea Scouth Satpolairud Polres Karimun rencananya akan dipulangkan ke daerah asal.

Kelima PMI asal Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) itu antara lainnya, LM, MA, EM, YN dan SD. Pemulangan itu Satpolairud Polres Karimun akan berkoordinasi dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Kasatpolairud Iptu Binsar Samosir mengatakan, rencana pemulangan kelima calon TKW tersebut akan melibatkan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

“Kita akan berkoordinasi dengan rekan-rekan di BP2MI nantinya,” kata Binsar, Rabu (22/9/2021).

Binsar mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikannlebih lanjut terhadap kasus upaya penyeludupan PMI ke Malaysia tersebut.

Pasalnya, berdasarkan pengembangan masih ada dua orang lagi yang bertanggungjawab dalam upaya penyeludupan tersebut.

“Ada dua orang lagi, satu ABK Speed Boat inisial SL dan satu lainnya perekrut para TKI berinisial SAB. Jadi pemulangan mereka akan menunggu hasil pengembangan kami,” katanya.

Binsar mengatakan, dalam fakta yang ditemukan, pada awalnya PMI tersebut diiming- imingi untuk bekerja di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Namun, ditengah perjalanan para PMI tersebut baru diinformasikan bahwa mereka akan di pekerjakan di Negara Malaysia.

“Ternyata dalam perjalanan mereka dikabari bahwa akan bekerja di Malaysia, sebagai Pekerja Rumah Tangga,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Tim Sea Scouts Satpolairud Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau (Kepri) menegah sarana pengangkut pembawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Perairan Karimun, Minggu (21/9/2021) malam.

Sarana pengangkut berupa speedboat bermesin 40 PK itu membawa sebanyak 5 orang PMI asal Indonesia menuju Negara Malaysia melalui Kabupaten Karimun.

Penegahan itu terjadi di sekitar perairan Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dengan titik koordinat 1˚2.220’ N – 103˚17.572’ E “. (rko)