Yusuf Sirat (dua dari kanan) saat mendampingi Bupati Karimun pada kegiatan Bhakti Sosial donor darah YKAD di Guntung Punak beberapa hari lalu
Yusuf Sirat (dua dari kanan) saat mendampingi Bupati Karimun pada kegiatan Bhakti Sosial donor darah YKAD di Guntung Punak beberapa hari lalu (Parulian Turnip)

Karimun, Lendoot.com – Jabatan ketua DPRD Kabupaten Karimun yang sebelumnya dijabat oleh Muhammad Asyura akan digantikan oleh Yusuf Sirat. Pergantian ini setelah keluarnya surat persetujuan dari DPP partai Golkar dengan nomor surat No B-1894/Golkar/VI 2018 DPP 29 Juni 2018 perihal persetujuan PAW.

Kabar itupun semakin dikuatkan dengan pernyataan Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang mengatakan bahwa Yusuf Sirat sudah terpilih sebagai pengganti ketua DPRD Karimun dan hanya tinggal menunggu pelantikan.

Hal tersebut dikatakan Rafiq sebelum dirinya menyampaikan kata sambutan saat hadir di kegiatan bhakti sosial donor darah Yayasan Kiblatul Amin Dua Batam di Guntung Punak, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Minggu (29/7/2018) kemarin.

“Di sini juga hadir anggota DPRD Karimun, pak Yusuf Sirat kebetulan kita satu partai di Golkar, dan beliau sudah dipilih sebagai pengganti ketua DPRD Karimun,” ucap Rafiq.

Aunur Rafiq mengatakan bahwa pergantian ketua DPRD Karimun sudah final karena telah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. ” Pergantian ketua dewan partai Golkar sudah final karena sudah diplenokan di DPD dan DPD sudah mengajukan ke DPD I dan DPD I sudah mengajukan ke DPP, artinya itu sudah final dan DPP sudah menerbitkan surat persetujuan dan sudah dilayangkan ke DPD I dan DPD II sudah menyampaikan ke DPRD itu prosesnya,” kata Rafiq saat ditanya wartawan terkait pergantian ketua DPRD Karimun.

Sementara untuk pelantikan, Rafiq mengaku belum dapat memastikannya, karena masih harus menunggu persetujuan dari Gubernur selanjutnya dari DPRD melakukan paripurna lalu mengirimkan ke Bupati dan Bupati akan meneruskan ke Gubernur.

“Kapan pelantikannya kita belum dapat pastikan, harus menunggu persetujuan dari Gubernur dulu,” ucapnya.

Ditanya terkait gugatan yang dilayangkan Muhammad Asyura, Rafiq menyebut tidak menjadi masalah, sebab menurutnya setiap orang memiliki hak untuk melakukan gugatan karena setiap orang memiliki persamaan dalam hukum.

“Terkait gonjang-ganjing masalah ini itu kita biarkan, tapi secara internal kepartaian sudah final bahwa DPP sudah mengeluarkan surat persetujuan untuk pergantian ketua DPRD Karimun. Jadi secara internal partai tidak ada masalah,” ujar Rafiq. (Parulian Turnip)