Anak_anak
Foto: Ilustrasi (digitaltrend.com)

Mode terbatas atau restricted mode pada aplikasi youtube berguna untuk menyaring konten video dan sangat berguna bagi orang tua yang ingin melindungi anak-anaknya  dari bahaya konten video youtube yang tidak diinginkan.

Fitur restricted mode pada youtube berupaya menghalangi atau menyaring  video-video yang mengandung konten seksual atau kekerasan dan hal lain yang dianggap tidak baik bagi anak-anak.

Pihak youtube tidak menjamin 100 persen konten youtube akan aman apabila restricted mode ini diaktivkan, bisa jadi video dengan konten bersih terkena blokir dan video dengan konten kotor tetap lolos, setidaknya video-video yang memiliki konten seksual atau kekerasan dapat disaring dan menjadi lebih aman bagi anak-anak.

Kemudian perlu diketahui juga bila restricted mode diaktifkan, maka anda tidak bisa berkomentar dan membaca komentar, kebijakan ini bisa jadi karena youtube kesulitan menyaring komentar-komentar kotor, sehingga memutuskan menonaktifkan fitur komentar.

Bagi pengguna ponsel android, ini cara mengaktifkan restricted mode:

Buka aplikasi youtube pada ponsel android anda

1Pilih titik tiga yang berada di pojok kanan atas

 

2Pilih setting/setelan

 

3Pilih umum/general

 

 

4Pilih restricted mode/mode terbatas

 

Sekarang aplikasi youtube pada ponsel anda telah aman bagi anak-anak dari konten video seksual dan kekerasan, namun masih tetap harus di awasi penggunannya dari bahaya konten video seksual dan konten video kekerasan.