Wisata Karimun - Pantai Kundur

1Pantai Telunas Moro

Pantai Telunas ini terletak di Pulau Sugi Kecamatan Moro Kabupaten Karimun Provinsi Kepri. Pantai ini kerap dikunjungi turis mancanegara. Pantainya berpasir putih dengan gugusan pulau-pulau yang sangat memanjakan mata.

Telunas dari kota Tanjungbalai Karimun tidak terlalu jauh. Bisa ditempuh dengan menggunakan kapal selama 60 menit hingga 90 menit. Di Telunas ini terdapat resort dengan pemandangan yang menakjubkan.

Telunas Beach Resort terletak di tepi pantai di sebelah tenggara pulau Sugi, dengan 90% bagiannya berada di atas air. Pantai telunas ini sangat terkenal dan membanggakan bagi penduduk setempat maupun dan penduduk karimun pada umumnya.

2Pantai Pelawan

Pantai Pelawan terletak di pulau Karimun tepatnya di Desa Pangke Kecamatan Meral Kabupaten Karimun Provinsi Kepri. Pantai ini menjadi salah satu objek wisata karimun yang paling diminati masyarakat Karimun.

Selain memiliki pasir yang putih, Pantai Pelawan juga memiliki pemandangan sunset atau matahari tenggelam terbilang sangat menawan. Bagi pencinta kuliner, di sini banyak terdapat makanan khas Melayu yang dijajakan maupun dijual di pondok-pondok masyarakat yang dibangun di sepanjang pantai ini.

3Pantai Pongkar

Kabupaten Karimun memiliki beberapa pantai yang jadi andalan dan menjadi penarik wisatawan. Bagi yang berkunjung ke Kabupaten Karimun jangan lupa untuk mampir di Pantai Pongkar ini.

Pantai ini terletak di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepri. Sejatinya tidak memiliki garis pantai yang panjang tetapi dianugerahi hamparan pasir putih yang bersih. Keindahannya semakin sempurna oleh keberadaan pepohonan cemara yang bejajar rapi di sepanjang punggung pantai.

4Pantai Ketam

Pantai  Ketam terletak di Desa Pongkar Kabupaten Karimun. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, tapi tidak berani dengan ketam atau kepiting. Jangan takut, biarpun namanya Pantai Ketam atau Kepiting, namun di pantai ini tidak dipenuhi dengan ketam. Pantainya menawan dan masih sangat alami karena Pantai ini baru dibuka untuk umum.

5Pantai Timun Kundur

Pantai yang berada di Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun Provisni Kepri ini menjadi tempat wisata alternatif di Kabupaten Karimun. Pantai ini tak kalah menawannya dengan pantai lainnya. Berada tak jauh dari jalan raya, Pantai ini menjadi wajib dikunjungi. Memiliki pasir yang putih dan alam yang masih sangat murni, pantai ini sangat tepat  untuk melepas lelah.

6Pantai Gading Kundur

Pantai ini terletak di Kampung Gading, Kelurahan Tanjung Batu Kota Kundur  Kabupaten Karimun Provinsi Kepri. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Tanjung Batu. Pantai ini jadi menarik karena tepat di depan tersaji pemandangan hutan mangrove atau bakau yang masih sangat alami serta dihiasi jajaran batu-batu besar yang berjejer hingga ke bibir pantai.

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat sebuah tangga yang terkenal karena nilai mistis tak luput juga jadi incaran para pengunjung. Konon katnya, setiap orang yang menghitung jumlah anak tangga tersebut tidak akan pernah sama.

7Pantai Lubuk Kundur

Pantai ini terkenal dengan panjangnya, hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih  kilometer ini menawarkan pemandangan yang eksotis. Jajaran pohon kelapa yang tersusun rapi di sepanjang bibir pantai tampak berliuk-liuk diterpa hembusan angin. Pantai yang terletak di Desa Lubuk Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Provinsi Kepri ini memiliki banyak sekali batu-batu besar yang menabah kesan eksotis pantai.

8Pantai  Kundur

Pantai ini terletak di Kampung Ketapang, Desa Kundur, Kecamatan Kundur Barat Kabuapaten Karimun Provinsi Kepri. Pemandangan sunset di tempat ini sangat indah. Selain memiliki pasir putih bersih dan sangat alami, pantai ini juga memiliki pemandangan pepohonan kelapa serta pepohon besar lainnya yang memperkuat kesan alaminya.

Perahu nelayan pun banyak berjajar di sepanjang pantai tersebut, ini memperlihatkan bahwa masarakat setempat masih sangat menjaga dan membutuhkan pantai tersebut.

9Pantai Tanjung Ambat Buru

Lokasi pantai ini berada di Pulau Buru Kecamatan Buru Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, tidak jauh dari pelabuhan utama pulau buru. Jarak tempuhnya hanya memakan  waktu  sekitar 5 menit.

 Pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat putih dan bersih. Pada hari libur pantai ini selalu penuh dikunjungi. Pantai ini menjadi tempat wisata kebanggaan masyarakat setempat. DI pantai ini juga selalu digelar berbagai acara.(*/berbagai sumber)