Karimun, Lendoot.com – Tim gabungan Western Fleet Quick Respon (WFQR) Lanal TBK, Lantamal IV, dan Armada I serta Patkamla Pulau Karimun mengamankan Speedboad tanpa nama di Perairan Moro, Jum’at (25/5) pukul 18.00 WIB.

Speedboad tanpa nama tersebut diduga memuat barang-barang cagar budaya Ilegal yang diperoleh dari barang muatan kapal tanggelam (BMKT) secara ilegal.

Pjs Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi mengatakan, Speedboad GT 3 tanpa nama dengan mesin 40 PK (2x) tersebut diamankan karena memuat barang muatan kapal tanggelam Ilegal yang merupakan benda cagar budaya.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan, para Abk ini sedang mengangkat benda cagar budaya yang berasal dari kapal yang tenggelam, maka dari itu Speedboat beserta 5 ABK kapal dan cagar budaya ini langsung kita bawa menuju Lanal TBK,” kata Didik, Sabtu (26/5/2018) sore.

Dia menjelaskan, benda cagar budaya yang telah dimuat Speedboat tersebut dari kapal tenggelam itu berupa piring, mangkok dan kendi sebanyak 185.

“Benda yang mereka muat dari kapal yang tenggelam ini sebanyak 185 buah benda cagar budaya berupa piring, mangkok dan kendi,” ujarnya.

Dia menambahkan, barang hasil penangkapan berupa cagar budaya tersebut dilimpahkan kepihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Ini merupakan cagar budaya, maka langsung kita serahkan ke dinas pariwisata untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya. (Riandi)