Keterangan foto : Kepala BNN Karimun, Kompol Ahmad Soleh memberikan sosialisasi di hotel balai View kemarin
Kepala BNN Karimun, Kompol Ahmad Soleh memberikan sosialisasi di hotel balai View kemarin

Karimun, Lendoot.com – Tingkatkan Partisipasi Lingkungan Pendidikan dalam P4GN, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karimun melakukan penyuluhan ssistensi penguatan dan pembangunan berwawasan anti narkoba di lingkungan sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Karimun.

Kepala BNNK Karimun Kompol Ahmad Soleh mengatakan, saat ini penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar mencapai 27,32 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan penyalahgunaan narkoba pekerja yang mencapai 50,34 persen, akan tetapi hal tersebut tetap  harus menjadi perhatian khusus untuk diberantas.

“Kita harus perkuat lagi peran lingkungan pendidikan ini dalam mencegah masuknya narkoba ke kalangan pelajar, angka 27,32 persen ini sudah tergolong tinggi. Maka harus kita tingkatkan lagi peranan dan partisipasi kita dalam upaya P4GN,” kata kepala BNN Karimun, Kompol Ahmad Soleh kemarin.

Ia mengatakan, peran lingkungan pendidikan dalam pencegahan narkoba demi untuk generasi muda di Karimun sangat besar. Peran guru juga sangat strategis dalam melakukan pengawasan dan mencegah seorang pelajar untuk terpengaruh pada narkoba dengan memberikan keteladanan, pembiasaan, nasehat dan pengawasan.

“Saat ini berbagai macam cara dilakukan pengedar narkoba untuk masuk kedalam lingkungan sekolah, diantaranya dengan memberikan narkoba dalam bentuk permen. Ini merupakan modus- modus yang harus diwaspadai,” ucapnya.

Ahmad Soleh menambahkan, seorang guru harus paham karakter siswanya, hal itu bertujuan agar setiap guru mengetahui apakah siswanya menggunakan narkoba atau tidak. Untuk Ia berharap kepada pemda serta stackholder lainnya dapat bersinergi dengan BNN untuk mensukseskan penanganan masalahan narkoba dengan maksimal.

“Kita tidak bisa bergerak sendiri apabila tidak didukung oleh pihak lainnya, apabila pencegahan penyalahgunaan narkoba hanya kita lakukan sendiri, maka itu akan sia-sia,” ujarnya. (ian)