Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Capt Renta Siahaan
Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Capt Renta Siahaan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, Capt Renta Siahaan mengatakan, untuk tujuh hari ke depan ombak dan angin di laut masih kencang.

“Info dari BMKG dan kantor pusat, cuaca kurang bagus karena adanya kemarin siklon cempaka, kita disuruh untuk mengantisipasi tujuh hari ke depan,” kata Renta Siahaan, Kamis (30/11/2017).

Akibatnya, kata Renta, para nahkoda kapal yang jadwal berangkatnya di atas pukul 15.00 WIB hingga keberangkatan terakhir, Rabu (29/11/2017) kemarin tidak ada yang berani untuk melanjutkan perjalanan.

“Kemarin para nahkoda kapal tidak ada lagi yang berani untuk melanjutkan perjalanan. Sebab ombak paling tertinggi di tengah itu mencapai empat meter,” ucap Renta.

Meski saat ini siklon cempaka mulai terlihat normal, Renta menyatakan pihaknya tetap menghimbau kepada seluruh nahkoda kapal agar selalu waspada dengan perubahan cuaca.

“Himbauan selalu tetap diberikan. Setiap harinya, kita selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau kondisi cuaca di jalur pelayaran baik dari ataupun menuju Karimun,” papar Renta.

Ia menambahkan, beberapa nahkoda kapal yang tidak melanjutkan perjalanan, Rabu (29/11/2017) kemarin yakni, kapal Oceana, Miko dan kapal Dumai. (ian)