Karimun, Lendoot.com – Sejumlah masyarakat Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat mengeluhkan Beras Sejahtera (Rastra). Bukan soal kualitas, melainkan pendistribusian pihak Kecamatan Meral Barat dianggap tidak merata atau tepat sasaran.

Dinilai tidak tepat sasaran, karena ada warga yang memang tidak mampu secara ekonomi, namun tidak mendapatkannya.

Sedangkan data yang sudah diajukan warga ke pihak kelurahan yang kemudian diajukkan kecamatan dianggap sudah sesuai data lapangan.

Warga mempertanyakan pihak Kecamatan Meral Barat terkait hal ini. Sedangkan warga setempat sangat mengharapkan bantuan Rastra tersebut, untuk kelangsungan hidup mereka.

Camat Meral Barat Monalisa SH menjelaskan, adanya sebagian masyarakat yang tidak menerima Rastra itu disebabkan karena adanya perbedaan data dari pusat yang diajukan oleh pihak kecamatan.

Ketika data itu diterima, pihak kecamatan melakukan pendistrisbusian ke masyarakat, monalisa mengakui menemukan adanya ketidaksesuaian. padahal dalam tahapan proses pendataan sudah sesuai dengan keadaan warga di lapangan.

“Saya sudah kroscek ke lapangan untuk membuktikan secara langsung di lapangan. Dan Alhamdulillah tepat sasaran, hanya sekitar 5-10 orang yang tidak sesuai. Tetapi datanya sudah diperbaiki,” ungkapnya, Jum’at (31/3/2017), di Kantor Camat Meral Barat.

Lurah Desa Pangke Barat. Romaenur juga menanggapi perihal keluhan warganya tersebut. Mengenai pendistribusian Rastra yang tidak tepat sasaran tersebut, dirinya mengaku sudah mendata warga yang memang dari segi ekonomi dan keadaan layak untuk dibantu. Dan data tersebut dianggapnya sudah sesuai dengan kondisi warga di lapangan.

“Data tersebut sudah saya serahkan kepada pihak kecamatan, dan sudah sesuai dengan kondisi warga di lapangan,” pungkas Romaenur. (amr)