Suasana acara family gathering DPD PPNI Karimun di Pantai Ketam Desa Pongkar, kemarin. (ist)
Suasana acara family gathering DPD PPNI Karimun di Pantai Ketam Desa Pongkar, kemarin. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Persatuan Perawat Nasional (PPNI) memasuki usia ke-43 tahun, dan DPD PPNI Karimun memasuki usia ke-3 tahun. Di usianya tersebut, organisasi yang diisi tenaga kesehatan itu banyak masyarakat tidak memahami beratnya peran tugasnya sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan.

Untuk memperkenalkannya, DPD PPNI Karimun mulai memperkenalkan dirinya. Minggu (19/3/2017), DPD PPNI Karimun menggelar acara bakti sosial sebagai bentuk silaturahim antarperawat, meningkatkan kepedulian perawat dan memperkenalkan peran penting pekerjaan perawat.

Acara bakti sosial yang digelar itu di antaranya; pemeriksaan kesehatan gratis dan membersihkan Pantai Ketam Desa Pongkar, dan penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan.

Di dalam acara juga diisi dengan kegiatan penandatangan komitmen bersama mendukung masyarakat sehat. Bakti sosial membersihkan lokasi wisata Pantai Ketam menyertakan para perawat dan warga setempat. Ada juga digelar Kegiatan  dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga sekitar.

Untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini  terlaksana berkat kerjasama DPD PPNI Karimun dengan Patelki (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia) Kabupaten Karimun. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi; cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Senam lansia diikuti puluhan lansia yang diikuti sekitar Desa Pongkar. Kegiatan ramah-tamah ditutup dengan pembagian hadiah doorprize berupa hadiah utama televisi yang diberikan pemenang atas nama Ns Saripah Ani S Kep dari Komisariat RSUD M Sani.

“Tema kegiatan ini kita ingin mengajak masyarakat berpartisipasi dalam cuci tangan massal menuju masyarakat sehat. Kegiatan cuci tangan massal sebagai sumbangan masyarakat kita untuk meraih rekor MURI tanggal 17 lalu,” kata Ketua DPD PPNI Karimun, Mazlan AMD Kep.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias dan positif dari masyarakat sekitar yang menjadi peserta. Setelah ada kegiatan penyuluhan kesehatan, seorang warga mengetahui tentang peran penting tugas seorang perawat.

“Kini kami tahu kerja perawat luar biasa mulia, berat juga ya? Mereka di garda terdepan yang kadang kita tak tahu besarnya jasa mereka dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Terimakasih perawat, semoga ke depan dapat lebih baik lagi memberikan pelayanan kepada masyarakatnya,” kata Siti seorang warga setempat.

Sebelumnya, dalam rangka HUT ke-43 PPNI dan HUT ke-3 DPD PPNI Karimun menggelar acara Seminar Sehari dengan tema Lagalitas dan Hukum Keperawatan. Seminar ini menghadirkan Anggota DPR RI Hj Dwi Ria Latifa SH MSc dan dari DPP PPNI Maulina Dolok Saribu AM Kep SH MH Kes.

Terimakasih kepada semua panitia dan semua komisariat yang ada di Kabupaten Karimun, seperti; komisariat RSUD M Sani, Komisariat RS  Bakti Timah dan Tebing, Komisariat Tanjung Balai, Komisariat Meral, Komisariat Tanjung Batu, Komisariat Moro, Komisariat Sawang dan Belat,” kata Mazlan. (sjs)