Seorang warga saat menerima sertifikat tanah gratis dari petugas BPN Karimun siang tadi
Seorang warga saat menerima sertifikat tanah gratis dari petugas BPN Karimun siang tadi (ian)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 256 sertifikat bidang tanah gratis dibagikan kepada warga Karimun dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun. Ratusan sertifikat tanah itu diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di kantor BPN, Kamis (18/1/2018).

Kepala BPN Karimun, Susilawati mengatakan penyerahan sertifikat ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan barang milik negara yaitu kepolisian, angkatan laut dan kementrian agama.

“Dari 8.111 yang diselesaikan, hari ini ada 256 sertifikat yang diserahkan kepada warga di tahun 2017, untuk sisanya rencananya akan diserahkan bapak Joko Widodo pada Februari atau Maret,” kata Susilawati kepada wartawan.

Susilawati mengatakan, program ini nantinya akan dilakukan hingga tahun 2025 sesuai dengan target pemerintah pusat yang menginginkan di tahun 2023 yakni, seluruh wilayah daerah Indonesia masalah tanah ini dapat diselesaikan.

Menurutnya, kendala yang sering ditemukan di lapangan yaitu saat ini di adalah tidak adanya patok pemilik tanah. ” Kita sudah siapkan tenaga pengukur, yang menjadi masalah biasanya masyarakat tidak memasang patokkan tanah dan tentu itu menimbulkan masalah, sebab kita tidak mungkin memasang patok tanpa adanya petunjuk batas yang jelas,” ucap Susilawati.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyampaikan program penyerahan sertifikat tanah ini merupakan bukti bahwa pemerintah itu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu warga.

“Ini merupakan salah satu program nawa cita yang sangat menyentuh kebutuhan masyarakat secara nasional, untuk kerja besar ini membutuhkan kerja keras dan jangka waktu yang sangat panjang,” ucap Nurdin Basirun. (ian)