Karimun, Lendoot.com – Kodim 0317/TBK memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Senin (2/7/2018).

Komandan Kodim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie mengatakan, dalam kegiatan tersebut, para warga binaan diberikan pembekalan dengan metode yang mudah dimengerti oleh para warga binaan yaitu, dengan melakukan simulasi atau permaianan bukan doktrin. Sehingga mereka dapat termotivasi dengan baik.

“Mengingat kurangnya sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, maka kita melakukan Wasbang ini kepada para warga binaan yang kita tahu merasa diri mereka termarginalkan. Oleh karena itu, kita lakukan dalam bentuk permainan, dan kuis. Artinya hal-hal yang bisa membuat mereka mengerti dengan cepat,” katanya

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, para warga binaan dapat menjadi agen perubahan ketika kembali ke lingkungan masyarakat. Dengan mengaplikasikan bekal yang mereka dapat dalam pembekalan yang telah diberikan tersebut.

“Kita beri mereka semangat dan dorongan sehingga saat mereka kembali dapat termotivasi dan mampu mengimplementasikan ke masyarakat lainnya,” ujarnya.

Dalam hal ini, Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Eri Erawan, mengapresiasi metode kegiatan yang dilakukan oleh Dandim dan jajarannya. Dengan tidak menggunakan sistem militer namun dengan pendekatan secara kekeluargaan.

“Ini yang saya salut. Mereka memperkenalkan wawasan kebangsaan bukan dengan metode militer, melainkan dengan cara menyentuh hati para warga binaan. Sehingga apa yang disampaikan oleh pak Dandim membuat mereka mengerti dan langsung nyambung,” kata Eri. (Riandi)