Karimun, Lendoot.com – Wakapolda Kepri, Irjen Yan Fitri Halimansyah melantik pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun, di Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing Jumat (7/12/2018) sore.

Dalam sambutannya Yan Fitri menyampaikan, pembentukan Perhimpunan Melayu Raya di Kabupaten Karimun ini berawal dari rasa kerinduan suasana damai, aman tanpa ada perselisihan.

“Kepri ini merupakan daerah perbatasan yang berdekatan langsung dengan 4 negara. Oleh karena itu, keamanan bukan hanya oleh aparat saja, namun dibutuhkan peran serta masyarakat di dalamnya,” paparnya.

Jenderal Kepolisian Bintang Satu yang yang sekaligus menjadi Pembina Utama Melayu Raya Provinsi Kepri itu menjelaskan, Perhimpunana Melayu Raya ini di dalamnya bukan hanya diisi masyarakat yang bersuku melayu saja. Melainkan gabungan dari seluruh suku, ras, golongan dan agama yang telah menjadi masyarakat Kabupaten Karimun.

“Perhimpunan ini mengedepankan nilai-nilai persaudaran, keakraban dengan menjadikan kearifan budaya melayu sebagai payung bagi seluruh budaya yang ada di Kepri. Perhimpunan yang mengakomodir segala keberanekaragaman tidak membeda-bedakan dari suku agama, ras ataupun suatu golongan,” jelasnya.

Pelantikan pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun tersebut disejalankan dengan peresmian warung Meneer.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, tokoh masyarakat Kepri Soeryo Respationo, Bupati Bintan Apri Sujadi, tokoh masyarakat dan tokoh agama Provinsi Kabupaten Karimun. (Riandi)