Karimun, Lendoot.com – Setelah terbentuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kesatuan Pelaut Karimun (KP-Kepri) mulai melebarkan sayapnya ke kabupaten dan kota lain. Setelah Kota Batam terbentuk kepengurusan tingkat dewan pimpinan cabangnya, KP-Kepri mulai melakukan lawatan ke Kabupaten Karimun.

Sabtu (6/1/2017), di sebuah café baru, Oz Café di kawasan Kavling Tebing Karimun, Ketua Umum DPP KP-Kepri, Capt Andi Seri menggelar acara silaturahmi bersama pelaut-pelaut yang ada di Kabupaten Karimun.

“Ini dalam rangka silaturahmi dengan pelaut-pelaut di Karimun. Yang kemungkinan kita akan rangkul dalam wadah KP-Kepri ini,” kata Capt Andi Seri.

Capt Andi mengatakan, setelah Kota Batam dan Tanjungpinang, KP-Kepri akan membentuk kepengurusan di Karimun, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas. Harapannya, KP-Kepri ini dapat menjadi  wadah para pelaut dalam segala dinamikanya ke depan.

“Latar belakang terbentuk KP-Kepri ini untuk merangkul para pelaut di Kepri untuk saling mengenal sehingga bisa saling memberi manfaat ke depannya,” ujar Capt Andi tentang KP-Kepri yang menjadikan Gubernur Kepri dan KSOP Kepri sebagai pembinanya ini.

Capt Andi menambahkan bahwa manfaat KP-Kepri bagi para pelaut yang tergabung di KP-Kepri ini untuk dalam saling mengenal lebih dekat.

“Kalau kita semakin kenal maka kita bisa berbagi informasi yang bermanfaat serta dapat menyelesaikan permasalahan di laut dan di darat yang dialami para pelaut kita,” ujarnya sambil menyebut ada 1000 lebih pelaut di Kepri yang sudah dan akan bergabung di KP-Kepri ini.

Hadir dalam acara itu, Anggota DPRD Karimun Aloysius dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karimun Dwi Untung. Dalam sambutannya, Dwi Untung atau yang kerap disapa Cu Heng itu mengapresiasi keberadaan KP-Kepri tersebut. 

Dwi Untung berharap semakin solidnya pelaut di Kepri umumnya dan di Karimun khususnya bisa membawa dampak positif terhadap stabilitas ekonomi di daerah ini.

“Kami menyambut baik, semoga bisa memberikan dampak positif terhadap ekonomi daerah kita,” katanya.  

Sementara itu, Pelaut Karimun, Juki Zahran menyambut baik kehadiran Ketua DPP KP-Kepri beserta para pengurus lainnya itu ke Karimun. “Kami menyambut baik silaturahmi awal. Kami berharap KP-Kepri dapat memberikan manfaat bagi pelaut yang ada di Kepri, khususnya di Karimun,” pungkasnya.

Acara  yang berlangsung santai itu juga membahas kemungkinan akan terbentuknya kepengurusan DPC KP-Kepri di Kabupaten Karimun ke depannya. (sjs)