Barang bukti ganja yang berupaya diseludupkan ke dalam Rutan Karimun
Barang bukti ganja yang berupaya diseludupkan ke dalam Rutan Karimun (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Orang tidak dikenal kembali berupaya menyeludupkan narkoba ke dalam Rumah tahanan (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun pada Senin (4/9/2017) sekira pukul 19.10 WIB.

Penyeludupan tersebut dilakukan dengan cari dilempar dari luar Rutan menggunakan gelas minuman ale-ale yang dibungkus kantong plastik warna hitam.

“Barang tersebut dilempar pada Senin (4/9/2017) sekira pukul 19.10 WIB, oleh seorang yang identitasnya masih belum diketahui. Yang melempar diketahui oleh petugas,” kata Kepala Rutan Karimun, Eri Eriawan, Rabu (6/9/2017).

Eri menyebut bahwa, setelah mendapatkan informasi adanya upaya penyeludupan narkoba dari petugas jaga. Pihaknya langsung melakukan pengecekkan ke lokasi pelemparan, hasilnya ditemukan kantong plastik warna hitam berisikan gelas minuman ale- ale dan didalamnya terdapat narkotika jenis ganja lebih kurang 35,59 gram.

“Setelah itu kita lakukan koordinasi bersama pihak Satresnarkoba mengenai penemuan tersebut. Dan tidak lama Kasat Narkoba beserta jajaran turun ke lapangan,” katanya.

Eri mengatakan, selanjutnya pihaknya langsung berkoordinasi untuk melakukan pengeledahan terhadap warga binaan di Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun. Hasilnya, tidak ditemukan barang bukti narkoba lainnya, melaikan hanya sebuah baterai Handphone.

“Ini menjadi evaluasi kita, kedepan mungkin kita akan meningkatkan lagi sarana prasarana seperti penambahan lampu sorot serta perketat penjagaan dan razia rutin terhadap warga binaan. Sedangkan untuk CCTv mungkin akan diusulkan agar ditambah supaya pengawasan lebih baik lagi,” ungkapnya. (ian)