Gedung Dekranasda di depan Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun. (ian)
Gedung Dekranasda di depan Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun. (ian)

Karimun, Lendoot.com  – Tahun ini Pemkab Karimun tengah serius mengembangkan kerajinan masyarakat untuk menyokong dibidang pariwisata melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Ketua harian Dekranasda yang juga Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli mengatakan, beberapa kerajinan yang dapat dikembangkan di antaranya; minyak gamat, kuliner serta batik yang dibuat oleh masyarakat.

“Minyak Gamat yang sekarang hanya kemasan botol biasa kita rubah kemasannya menjadi lebih menarik. Begitu juga dengan batik yang bisa kita kontemporerkan dengan budaya jong asli Melayu,” kata Yosli saat dikonfirmasi via Phone, Kamis (2/2/2017).

Yosli menjelaskan, Dekranasda nantinya akan menampung hasil kerajinan dari UKM-UKM. Dengan begitu wisatawan yang berkunjung ke Karimun dapat menikmati serta menjadikan hasil kerajinan tersebut sebagai oleh-oleh khas Karimun.

“Selama ini media untuk mempromosikan hasil kerajinan UKM masih belum ada, makanya kita hidupkan dan dimanfaatkan kembali. Kita berdayakan di suatu tempat untuk pameran dan menjual hasil kerajinan itu,” jelas Yosli.

Ia menambahkan, keberadaan kantor Deskranasda Karimun yang terletak di kawasan yang strategis, yakni di kawasan pelabuhan Taman Bunga, Tanjungbalai Karimun diharapkan hasil kerajinan masyarakat tersebut semakin dikenal ke luar daerah. (ian)