Tim Patroli Laut Lanal Karimun mengevakuasi ketiga nelayan ke Tanjungbalai Karimun
Tim Patroli Laut Lanal Karimun mengevakuasi ketiga nelayan ke Tanjungbalai Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Tim patroli laut (Lanal) Karimun mengevakuasi tiga orang nelayan asal Moro yakni, Ifin (40) nahkoda kapal dan dua ABK kapal Azmain (37) dan Irfan (16).

Mereka dievakuasi setelah mengalami kecelakaan laut karena ditabrak oleh kapal Tugboat di perairan Takong Hiu, Selasa (11/7/2017) malam sekira pukul 03.15 WIB.

Komandan Lanal Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto melalui Danposal Takong Hiu, Lettu Laut (P) Himawan Pratikno mengatakan kejadian tersebut diketahui setelah adanya laporan dari nelayan sekitar perairan Takong Hiu terjadi laka laut oleh Tug Boat yang kabur.

“Mendapat laporan itu kita langsung menindaklanjuti dan langsung mengerahkan tim patroli untuk membantu mengevakuasi dari kapal kargo yang sempat menolong mereka untuk dibawa ke Tanjungbalai Karimun,” kata Lettu Laut (P) Himawan Pratikno.

Sementara menurut keterangan dari korban yang diperoleh, Himawan menjelaskan bahwa saat itu kapal mereka sedang Lego jangkar untuk menunggu pengangkatan jaring. Tiba-tiba Tugboat tanpa nama melintas dan berhaluan tepat pada kapalnya.

“Nahkoda nelayan melihat arah Tugboat sudah mengarah ke kapalnya dan dia langsung potong tali jangkar untuk menyelamatkan diri, namun mesin belum sempat dinyalakan kapal Tugboat langsung menabrak kapal nelayan tersebut,” jelas Himawan.

Ia menambahkan, setelah dievakuasi, ketiga nelayan tersebut dibawa ke BP Lanal Tanjungbalai Karimun untuk pemeriksaan kesehatan. Sedangkan kapal nelayan tersebut tenggelam dan Tugboat yang menambrak saat ini masih dalam proses pengejaran. (ian)