Narasumber dan peserta dialog foto bersama
Narasumber dan peserta dialog foto bersama (ian)

Karimun, Lendoot.com – Toleransi Selama Bulan Ramadhan 1438 H/ 2017 menjadi tema dialog bulanan ke-5 Jurnalis Karimun (JK) dengan Bagian Humas Setdakab Karimun yang digelar di ruang aula Masjid Agung Kabupaten Karimun, Senin (29/5/2017) sore.

Asisten I Pemkab Karimun, Muhammad Tang yang membuka secara resmi dialog JK mengatakan, sangat menyambut baik dengan kegiatan dialog seperti ini khususnya dengan tema Toleransi Selama Ramadhan. Ia berharap dari dialog ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berharga untuk menciptakan kerukunan yang selama ini sudah terjaga dengan baik.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Karimun sangat menyambut baik dengan kegiatan seperti ini. Saya berharap dari dialog ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berharga dalam menjaga kerukunan di Karimun yang selama ini sudah terjaga dengan baik,” kata Muhammad Tang, Senin (29/5/2017).

Tang juga mengatakan, toleransi tidak hanya dalam bulan Ramadhan, tapi harua setiap saat dapat terjalin. Karena kita terdiri dari berbagai suku dan etnis.

“Toleransi adalah hidup berdampingan dalam suasana aman tentram dan damai. Alhamdulilah kerukunan di Karimun sudah kita rasakan sangat baik dan ini harus terus dipertahankan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Abu Samah mengatakan, toleransi di Karimun sudah terjalin dengan baik dari dulu dengan etnis cina dan suku lain yang ada di Karimun. Orang melayu tidak pernah mengganggu tradisi etnis Cina begitu juga dengan sebaliknya.

“Karena toleransi beragama di Karimun sudah terjalin dengan baik sejak dulu. Hidup harus saling berdampingan dan menghargai,” ujarnya.

Adapun yang menjadi pemateri yakni, ketua LAM, Kasatbinmas Polres Karimun, Pasi Intel Kodim 0317/TBK, Capt Eka Nasution, Anggota Komisi I DPRD Karimun, Satpol PP Karimun. (ian)