Para peserta pelaku Industri Rumahan di Karimun foto bersama usai mengikuti pelatihan komputer
Para peserta pelaku Industri Rumahan di Karimun foto bersama usai mengikuti pelatihan komputer (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 80 orang peserta pelaku Industri Rumahan di Karimun selama dua hari mengikuti pelatihanTeknik Informatika Komputer (TIK) yang dilaksanakan di SMA Maha Bodhi Karimun.

Pelatihan TIK ini bekerjasama dengan Kementerian PP dan PA RI, Dinas PP dan PA Provnsi Kepri, Apikom Karimun dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk, KB, PP dan PA) Kabupaten Karimun.

”Ini sebagai motiviasi dan untuk meningkatkan produktivitas usahanya. Sehingga, dapat memanfaatkan teknologi yang ada,” kata Kasi
Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Disdalduk, KB, PP dan PA Karimun, Kyushu Marina, beberapa hari lalu.

Menurut Marina sapaan akrabnya, dengan menguasai komputer diharapkan para pelaku industri rumahan dapat mengembangkan usahanya, dimana pelaku industri rumahan rata-rata membuat usahanya dimulai dari bahan baku dasar hingga diolah menjadi barang siap di produksi.

“Termasuk pemasarannya secara
mandiri, untuk itu pemanfaatan komputer walaupun dasarnya saja kita lakukan pelatihan bagi mereka,” ucap Marina.

Sehingga, dampak positifnya bagi pelaku industri rumahan nanti bisa berkreasi terhadap produknya agar bisa menarik calon pembeli itu. Yang direncanakan, akan dijadikan program tahunan.

Sementara ketua panitia pelatihan Narno mengungkapkan, pemanfaatan pelatihan ini bisa belajar dari cara menghitung biaya produksi dari manual ke teknologi komputer dan cara memasarkan produk melalui internet terutama media sosial (medsos) dan membuat profil usaha untuk mendapatkan pengajuan dana dari Pemerintah maupun swasta dan BUMN.

”Lumayan cukup antusias yang rata-rata kaum ibu-ibu, mereka merasa terbantu dengan mendapatkan ilmu dasar komputer. Termasuk bagaimana,
caranya memanfaatkan teknologi internet,” jelasnya. (ian)