Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat hadir di BPBL Batam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat hadir di BPBL Batam

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Kepala Dinas Perikanan, Ruffindy Alamsjah mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Kamis (24/1/2018) kemarin. Kunjungan ini dalam rangka penguatan penyediaan benih ikan air laut, sarana prasarana dan pendampingannya.

Kepala Dinas Perikanan Karimun, Ruffindy Alamsjah yang ikut dalam kunjungan mengatakan, adanya kendala dalam penyediaan benih untuk ikan kakap dan budidaya ikan air laut lainnya sangat dirasakan saat ini.

“Untuk itu kami berharap BPBL Batam dapat membantu benih Kakap putih secara berkelanjutan,” kata Ruffindy Alamsjah.

Kepala BPBL Batam, Toha Tusiadi mengatakan bahwa, BPBL merupakan unit pelaksana teknis Ditjen Perikanan Budidaya tugasnya dan fungsinya yakni, uji terap teknik dan kerjasama, produksi, pengujian kesehatan ikan dan lingkungan dan bimbingan teknis.

Sementara untuk benih ikan kakap yang akan disiapkan Provinsi Kepri di tahun 2018 ini sebanyak 500.000 benih.

“Dan untuk Kabupaten Karimun dialokasikan sebanyak 100.000 benih. Angka ini bisa bertambah apabila daerah lain tidak mengambil jatah alokasi untuk mereka,” kata Toha.

Masih di tempat yang sama, Bupati Karimun, Aunur Rafiq berharap setelah benih diberikan ada tenaga teknis yang bisa membimbing secara berkelanjutan, sehingga pengelolaan budidaya lebih optimal.

“Kami mengundang Kepala BPBL Batam ke Karimun untuk melihat langsung budidaya yang ada, sehingga dapat memberikan masukan yang tepat kepada stakeholder,” ucap Rafiq.

Selain itu, Dinas Perikanan Karimun juga diharapkan dapat mempelajari MoU yang telah berjalan antara BPBL Batam dengan Kabupaten/Kota lain dan dapay dilaksanakan oleh Kabupaten Karimun.

Turut hadir dalam kunjungan ini diantaranya, Kadis Perikanan, Ruffindy Alamsjah, Sekretaris Dinas Perikanan Edi Supratman, Kabag Humas Eko Riswanto, Camat Buru Helmi, perwakilan penyuluh perikanan dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) dari Kecamatan Buru. (ian)