Tingkatkan Ekonomi Kabupaten Lingga, Wagub Nurdin Minta Roro di Penarik Dikembangkan

Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama rombongan saat meninjau pelabuhan di Kabupaten Lingga, belum lama ini. (humas prov kepri)
Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama rombongan saat meninjau pelabuhan di Kabupaten Lingga, belum lama ini. (humas prov kepri)

Lendoot.com, Karimun – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Lingga bakal dirasakan tahun ini. Pasalnya, pelabuhan Roro (roll on roll off) yang berada di Penarik akan segera beroperasi. Rencananya pelabuhan ini akan mengakses Pelabuhan Penarik, Pelabuhan Jagoh, Pelabuhan Kualatungkal (Jambi) dan Telagapunggur.

Dengan siapnya pelabuhan ini, maka akses masuk dan keluar barang, serta kendaraan dan orang, dapat lebih mudah dan lebih banyak.

“Pelabuhan ini cukup strategis. Bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Daik, Kabupaten Lingga,” kata Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat meninjau pekerjaan pembangunan pelabuhan Penarik, seperti rilis yang dikirim Humas Provinsi Kepri kepada lendoot.com, Jumat (19/2/2016).

Pemprov Kepri, kata Nurdin, akan bekerja keras membuka isolasi transportasi ke seluruh Kabupaten dan kota di Kepri ini. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Kepri dapat lebih merata.

Saat ini, sambungnya, Pemprov Kepri menggandeng pemerintah pusat untuk menambah kapal perintis yang melayari pulau-pulau di Kepri. Sehingga, tahun ini seluruh ibukota kabupaten dan kota se-Kepri, sudah dapat terhubung dengan kapal-kapal besar.

Kondisi ini tentunya disambut gembira Pemkab Lingga. Wakil Bupati Lingga Nizar menyambut baik program pemerintah Provinsi Kepri. “Dengan hadirnya pelabuhan ini, kami akan coba rencanakan pengembangan dan pemeliharan pelabuhan ini,” kata Nizar.

Saat ini, masyarakat Lingga memang sangat menantikan sarana transportasi yang baik. Pemerintah Lingga, katanya, siap memenuhi harapan masyarakat tentunya dengan bantuan pemerintah Provinsi dan Pusat.

Ditempat yang sama, Kadis Perhubungan Kepri Muramis mengatakan bahwa khusus Lingga, selain pelabuhan Roro di Penarik, tahun ini pelabuhan di Sungai Tenam akan beroperasi. Pelabuhan ini akan memperpendek jarak antara Batam-Tanjungpinang-Lingga. (*/sjs)