Karimun, Lendoot.com – Petugas Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mengamankan tiga orang Warga Negara Asing (WNA) asal Cina yakni, Feng Shaonian, Li Jianhua dan
Liu Aimin.

Ketiganya ditangkap karena diduga tinggal di Karimun tidak menggunakan ijin.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, Berthi Mustika mengatakan tiga WNA tersebut diamankan di perumahan Griya Sungai Raya Blok A RT 03 RW 01 Jalan Letjend Suprapto Kelurahan Sungai Raya pada Selasa, (9/5/2017).

“Ketiganya diamankan di perumahan Griya Sungai Raya Blok A RT 03 RW 01 Jalan Letjend Suprapto Kelurahan Sungai Raya. Saat mereka diamankan surat ijin untuk tinggal dari perusahaan yang mensponsori tidak ada” kata Berthi saat press rilis di kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Jumat (12/5/2017).

Berthi menjelaskan, tiga WNA asal Cina tersebut dua orang diantaranya yaitu Li Jianhua dan Liu Aimin mereka tinggal di Indonesia untuk bekerja di PT Dewi Dewi yang beralamat di Batam, namun memiliki proyek pengerjaan di Karimun. Sedangkan satu orang bernama Feng Shaonian dengan sponsor di Visa PT Inti Jaya Garden.

“Namun setelah dilakukan pengecekan terhadap perusahaan yang mempekerjakan mereka, perusahaan tersebut fiktif. Dan yang bersangkutan tidak mengetahui apapun tentang perusahaan tersebut,” jelas Berthi.

Berthi menuturkan ketiga WNA asal Cina ini akan dikenakan pasal 75 Undang-undang nomor 6 Tahun 2011 tentang administrasi keimigrasian yaitu tindakan deportasi.

Berthi menambahkan, selain melakukan deportasi, pihaknya juga akan melakukan pembatalan ijin tinggal, memasukkan ketiga WNA Cina tersebut kedalam daftar tangkal Blaclist dan untuk penjamin akan mengusulkan namabperusahaan PT Dewi Dewi Abadi dan PT Inti Jaya Garden ke Direktorat Jenderal Keimigrasian untuk diberikan sanksi agar tidak dapat lagi sebagai sponsor atau penjamin orang asing di Indonesia. (ian)