Ilustrasi
Ilustrasi (Google)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan kasus Demam Berdasar Dengue (DBD) di Karimun mengalami penurunan yang signifikan sejak tiga tahun terakhir.

Jika Tahun 2016 jumlah kasus DBD mencapai 424 kasus, di 2017 jumlahnya menurun menjadi 71 kasus dan hingga April 2018 tahun ini baru tercatat 20 kasus DBD.

“Alhamdulillah, sampai saat ini terus menurun angkanya dibandingkan tiga tahun lalu, tahun lalu itu mencapai 400 penderita DBD,” kata Racmadi beberapa waktu lalu saat ditemui.

Meskipun kasus DBD di Karimun mengalami penurunan, Rachmadi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun agar jangan lengah untuk mencegah datangnya penyakit DBD.

“Apabila ditemukan tanda- tanda demam berdarah, jangan menganggap itu hanya demam biasa, karena kita sering temukan kejadian kasus meninggal dunia pada saat orang menganggap tidak ada peningkatan kasus sehingga harus tetap waspada,” ucapnya.

Rachmadi menyebut, dalam upaya pencegahan, pihaknya melakukan fogging dua siklus untuk menekan penyebaran DBD. Bagi daerah yang terindikasi DBD daerah tersebut langsung difogging untuk mencegah orang lain dari serangan DBD. (ian)