Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh
Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun, Kompol Ahmad Sholeh menilai tes urine yang dilakukan Bea Cukai Kepri tanpa melibatkan BNN mengisyaratkan BC Kepri tidak terbuka pada publik.

Itu diungkapkannya saat ditanya terkait tes urine yang dilakukan oleh pegawai BC Kepri tanpa melibatkan BNNK Karimun. Pasalnya BC Kepri melakukan tes urine oleh Tim Pemeriksaan Kesehatan Poliklinik Kantor Pusat DJBC Kepri.

“Kalau secara legalitas hukum, bicara soal transparansi, mereka (BC Kepri) tidak terbuka pada masyarakat, harusnya mereka dapat melibatkan BNN dalam melakukan tes urine walaupun hanya sebagai pengawas,” kata Sholeh, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya, institusi yang berwenang melakukan tes urine adalah BNN, meskipun ada polisi, namun mereka hanya sebagai pemberantasan saja.

“Liding sektornya untuk melakukan tes urine ya BNN. Jangan hanya masyarakat saja yang diobok-obok, penegak hukumnya juga harus ikut dan siap dites urine secara transparan,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, koordinator Humas BC Kepri, Refly Feller Silalahi menjelaskan bahwa alasan mereka tidak melibatkan BNNK saat tes urine terhadap pegawainya hanya karena masalah miskomunikasi.

“Hanya masalah komunikasi saja,” jelas Reflly singkat melalui pesan WA pribadinya. (ian)