Seorang anggota KAC sedang latihan memanah di TKIT Daruk Mukmin, belum lama ini. (istimewa)
Seorang anggota KAC sedang latihan memanah di TKIT Daruk Mukmin, belum lama ini. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Anda yang di Karimun hobi atau tertarik terhadap olahraga memanah? Sepertinya perlu membaca kabar berita gembira ini. Ternyata sejak 2016 lalu di Karimun ini sudah berdiri Karimun Archery Club (KAC) yang kebetulan kini membuka pendaftaran bagi yang berminat.

Panahan atau biasa disebut archery merupakan salah satu olahraga yang dapat melatih konsentrasi dan ketenangan, selain juga tentunya mengasah keberanian. Melalui KAC, masyarakat Karimun bisa mencoba setiap dua pekan sekali.

“Kami latihan di halaman TKIT Darul Mukmin. Bagi yang berminat bisa menghubungi saya Nurman di nomor handphoe 085264010914,” kata Nurman yang menjabat Ketua KAC kepada Lendoot.com, pagi tadi.

Dalam latihan itu, pengurus klub dan pelatih akan menyuguhkan teknik pemanasan panahan, pengenalan alat, teknik memanah. “Dan yang paling seru dilaksanakan trial dan dilanjutkan kompetisi mini. Walaupun masih dasar, para archer (sebutan bagi pemanah) akan ditantang kemampuannya melesatkan anak panah ke target,” ujar Nurman.

Chotib Mustafa selaku pembina klub mengatakan latihan memanah ini, selain menyehatkan tubuh, juga dapat menghidupkan Sunnah  Nabi SAW. “Karena olahraga ini dianjurkan oleh Rasulullah,” katanya.

Lalu bagaimana dengan peralatannya? Apakah mahal?

Menjawab ini, Nurman mengatakan bahwa harga perlengkapan memanah terbilang relatif. Untuk sebuah bow (busur) standar hargana berkisar antara Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 1,8 juta, tergantung jenisnya. “Ini sudah sangat cukup bagi pemula,” katanya.

Sementara untuk arrow atau anak panah bervariasi sesuai bahan. Dari mulai Rp 55 ribu sampai Rp 200 ribu.

Lalu bagaimana jika belum memilikinya namun tetap ingin bergabung,  apakah tetap dapat bergabung di KAC? “Bergabung saja. Kita di klub sediakan alatnya. Bantu saja biaya untuk perawatan peralatan itu,” pungkasnya. (sjs)