Karimun, Lendoot.com – Kecelakaan kerja yang dialami puluhan karyawan PT Mos direspon cepat oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Di mana dari sebagian pekerja tidak memiliki BPJS.

Meski awalnya orang nomor satu di Bumi berazam ini tidak mengetahui adanya kecelakaan kerja di PT Mos pada Sabtu (24/11/2018) sore, namun Rafiq langsung mengintruksikan dinas terkait untuk menyurati perusahaan tersebut.

“Saya baru mendengar adanya kecelakaan kerja. Untuk tidak adanya jaminan keselamatan kerja itu tanggungjawab perusahaan, namun saya akan instruksikan kepada Dinas Tenaga Kerja untuk menyurasti ke perusahaan dan saya minta mereka mengecek langsung,” kata Rafiq, Senin (26/11/2018)

Dia mengatakan setiap perusahaan wajib memberikan jaminan di mana sudah tertuang dalam UU nomor 24 tahun 2011.

“Namun kita pelajari terlebih dahulu yang tidak memiliki jaminan ini karyawan kontrak apa karyawan musiman yang hanya bertahan 2 sampai 3 bulan saja,” kata Rafiq.

Diberitakan sebelumnya, puluhan karyawan PT Mos di Kabupaten Karimun mengalami kecelakaan kerja, ledakan pecahan balon (bantalan kapal/airbag) yang digunakan untuk launching kapal diduga menjadi penyebabnya.

Akibat kecelakaan tersebut puluhan pekerja langsung dilarikan ke RSUD Muhammad Sani untuk mendapat perawatan medis. (Parulian Turnip)