Sarden merek Nagos Mackerel
Sarden merek Nagos Mackerel

Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam mendeteksi tiga merek sarden yang terdapat cacing pita. Hasil itu setelah ke luarnya sampling dan pengujian Balai Besar POM di Pekanbaru.

Tiga merek yang terdeteksi cacing pita yakni sarden merek FARMERJACK yang diproduksi PT Prima Niaga Indomas, sarden merek IO yang diproduksi PT Mexindo Mitra Perkasa dan sarden merek HOKI yang PT Interfood Sukses Jasindo.

Dalam isi surat tersebut, BPOM Batam memerintahkan pihak distributor untuk segera melakukan penarikan dan pemusnahan produk sarden yang terdeteksi adanya parasit Anisakis Sp (cacing).

Sebelumnya dugaan seorang warga di Karimun yang menemukan cacing pita dalam kemasan sarden merek Nagos Mercekal sempat membuat heboh. Namun dugaan tersebut langsung dibantah pihak PT MMP yang disampaikan oleh Genaral Manajer PT MMP, Hindra.

Pada keterangannya, pihak PT MMP menjelaskan bahwa dugaan garis keputihan dalam ikan tersebut hanya serat-serat bagian dari ikan.

“Secara kasat mata, kami duga bahwa garis keputihan tersebut hanya serat-serat bagian dari ikan. Dan selama ini untuk pemasukan produk Mackarel Nagos, kami selalu mengikuti prosedur pemerintah,” kata Hindra.

Dirinya juga menegaskan bahwa sebelum didistribusikan ke pasaran sudah melalui beberapa pemeriksaan diantaranya, metode mikroskopis morfologis, metoda konvensional, uji mikrobiologi, alc/tcp, eschericia colo, salmonella dan nematodos anik sados. (ian)