Karimun, Lendoot.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang jadwal Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di semua daerah, termasuk di Kabupaten Karimun. Perpanjangannya hingga batas akhir hari ini, Rabu (10/4) per jam kerja.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, perpanjangan untuk pemilih kategori DPTB tersebut sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi pada pekan kemarin, yang sebelumnya telah dilakukan uji materi dan memutuskan untuk dilakukan perpanjangan.

“Tapi perpanjangan untuk DPTB ini hanya kalangan tertentu, bukan perpanjangan seperti dua kali tahapan sebulan kemarin. Kalau yang kemarin kan untuk masyarakat yang memang mau pindah milih di daerah pemilihan

(Dapil) manapun dengan berbagai macam alasan, kalau yang perpanjangan kali ini ada beberapa poin khusus,” kata Eko, Selasa (9/4/2019).

Poin khusus yang dimaksud Eko antara lain adalah karena sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, dan menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

“Kita sudah sosialisasi dan sudah kirim surat ke instansi vertical, sudah disebar juga ke radio,” jelas Eko lagi.

Setelah batas akhir, nantinya akan kembali dilakukan pleno penetapan DPTb tahap akhir ini. Sedangkan angka DPTB pada 17 Maret kemarin menurutnya mencapai 900 lebih.

“Jadi perlu digarisbawahi, DPTb yang sekarang ini tidak semua orang bisa melakukan pindah memilih, yang tahapan bulan kemarin masih bisa dan bebas alasan apapun. Bahkan untuk yang pindah nyoblos karena menjalankan tugas harus ada surat keterangan tugas dari atasannya yang menugaskan,” tegas Eko. (trihariadi)