Kepala Seksi Pelayanan dan Penyuluhan Informasi KPPBC Tanjungbalai Karimun, Taufik (kanan) menunjukkan Ballpress yang diamankan di Kantor Pelayanan KPPBC
Kepala Seksi Pelayanan dan Penyuluhan Informasi KPPBC Tanjungbalai Karimun, Taufik (kanan) menunjukkan Ballpress yang diamankan di Kantor Pelayanan KPPBC (ian)

Karimun, Lendoot.com – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tanjungbalai Karimun mengamankan barang-barang tanpa cukai yang dibawa dari Batam menuju Karimun dan Selat Panjang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Senin (2/10/2017).

Kepala Seksi Pelayanan dan Penyuluhan Informasi KPPBC Tanjungbalai Karimun, Taufik mengatakan bahwa penegahan barang-barang tanpa dokumen tersebut dilakukan pada, Senin (2/10/2017) sekira pukul 13.00 WIB dari dua kapal yakni, Batam Jet dan Kapal Miko Natalia.

“Penegahan dilakukan setelah kita memeriksa barang-barang di atas kapal dan ternyata barang tersebut tanpa dilengkapi dokumen,” kata Kasi Pelayanan dan Penyuluhan Informasi KPPBC Tanjungbalai Karimun, Taufik, Selasa (3/10/2017) pagi.

Taufik menjelaskan barang-barang yang diamankan diantaranya, 77 kotak buah-buahan segar, 6 barang elektronik berupa Laptop, 525 Slop rokok dari berbagai merk dan 12 colly Ballpress.

“Untuk buah-buahan sudah kita serahkan ke pihak Karantina, sementara untuk Ballpress dan rokok akan kita musnahkan, yang lain statusnya sebagai barang dikuasai negara,” ucap Taufik.

Taufik menambahkan, dari penegahan ini pihaknya tidak menemukan pemilik barang, hal tersebut dikarenakan nahkoda dan ABK kapal tidak mengetahui siapa pemilik barang tersebut.

“Untuk pemiliknya kita tidak menemukan, karena barang tersebut hanya dititipkan dari Batam di atas kapal saja,” ujar Taufik. (ian)