Karimun, Lendoot.com – Kurangnya pasokan ikan dari para nelayan kepada pedagang membuat harga ikan di pasar Puan Maimun mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang ikan di Karimun, Enji mengatakan kondisi tersebut mengakibatkan omset penjualanya berkurang.

Jika biasanya dalam satu hari Ia memasok ikan laut hingga 80 kilogram dari nelayan atau pengepul. Namun sekarang, Ia hanya bisa mendapatkan ikan sekitar 50 kilogram saja.

“Untuk omset bisa berkurang sampai Rp 400 ribu perhari,” katanya, Jumat (27/7/2018).

Menurut informasi yang diperolehnya, terjadinya kelangkaan ikan laut dikarenakan kondisi cuaca di laut yang cukup ekstrim yang terjadi belakangan ini. Bahkan jumlah tangkapan nelayan hanya sekitar setengah dari hasil tangkapan sebelum-sebelumnya.

“Kelangkaan sudah sejak seminggu belakangan ini,” ujarnya.

Untuk harga ikan laut di pasar juga mengalami kenaikan. Diantarnya ikan Kakap yang sebelumnya seharga Rp 70 ribu perkilo saat ini seharga Rp 80 ribu perkilogram dan ikan Gerut  yang sebelumnya seharga Rp 70 ribu sampai Rp 60 ribu perkilogramnya saat ini dijual seharga Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu.

Terpisah, seorang nelayan di kawasan Leho, Kecamatan Tebing, Suhardi No yang diwawancara, Jumat (27/7/2018), membenarkan kurangnya hasil tangkapan.

Menurutnya kondisi cuaca saat ini memang berpengarh dengan jumlah ikan di perairan Karimun. (Parulian Turnip)