Karimun, Lendoot.com – Ar (33) warga Desa Tenggayun Raya Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Riau (alamat sekarang Jalan Poros Tebing, Kab Karimun) diamankan Polsek Meral, Kamis (4/10/2018) lalu.

Ar diamankan polisi karena menjadi penadah barang curian berupa mesin Speedboat merek Yamaha Enduro 40 PK dari Edi (DPO) pada awal Oktober 2018 senilai Rp 4 Juta.

AR diamankan atas laporan Jefri Hasibuan (33), di mana pada saat kejadian dirinya sedang mengambil besi tua yang hendak dijual, ketika hendak dibawa ke Speedboat miliknya, ia tidak menemukan lagi mesin yang digantung di speedboat.

“Waktu kejadian korban ini sedang mencari besi tua yang hendak ia jual. Namun ketika dia sudah selesai mencari dan mau pulang didapati mesin 40 PK miliknya sudah hilang. Atas kejadian tersebut korban langsung lapor ke kita,” kata Kapolsek Meral AKP Hadi Sucipto saat diwawancarai, Kamis, (22/11/2018)

Setelah mendapatkan laporan tersebut anggota langsung melakukan pencarian. Dan didapati pada Rabu (7/11/2018) sekira pukul 01.30 WIB pelaku yang diduga telah melakukan pencurian mesin speedboat 40 PK.

“Kita lakukan interogasi pelaku mengakui bahwa dirinya hanya membeli 1 unit mesin speedboat 40 PK itu dari saudara Edi (DPO) seharga Rp4 juta di Tanjungbatu Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun pada Oktober lalu. Namun masih terus kita dalami untuk kasus ini,” ungkap Hadi.

Sementara itu, berdasarakan pengakuan AR bahwa dirinya tidak mengetahui bahwa barang yang ia beli dari Edi (DPO) itu merupakan barang curian.

“Saya hanya membeli saja, dan saya tidak mengetahui kalau barang itu curian,” ujarnya

Saat ini tersangka dikenakan pasal 362 atau pasal 480 ke-1 KUHPidana tentang pencurian atau pertolongan jahat (penadah). Dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Parulian Turnip)