Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun akan terapkan kawasan bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD).

Hal tersebut merupakan program dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai instruksi dari pemerintah pusat.

Ini diungkapkan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat memimpin rapat koordinasi Implementasi Simda Perencanaan (e-planning) yang digelar di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati, Kamis (31/1/2019) pagi.

“Hari ini kita baru melakukan rapat koordinasi lintas sektor. Germas ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2017, yang meminta agar daerah mengambil langkah regulasi tentang bagaimana melaksanakan Germas ini,” katanya.

Rafiq mengatakan, untuk penerapannya Pemkab Karimun akan meminta arahan serta kebijakan Pemprov Kepri yang akan diselaraskan dengan kebijakan daerah. Sehingga nantinya akan terakselerasi dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Selanjutnya, nanti akan dilakukan sosialisasi melalui lintas sektoral kepada seluruh masyarakat. Agar dapat menciptakan Germas di Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Rafiq menjelaskan, program ini bertujuan agar masyarakat hidup sehat. Kemudian melakukan aktifitas olahraga secara rutin, bisa didorong dengan berbagai langkah dan kegiatan. Oleh karena itu perlu dikeluarkannya Peraturan Daerah atau Peraturan Bupati (Perbup).

“Untuk tahap awal membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan. Kalau soal waktu penerapannya sebenarnya ini sudah diinstruksikan sejak 2017, tapi mulai digalakkan sekarang ini. Untuk kesiapan, saat ini konsep regulasinya telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, dengan melibatkan dunia usaha, PKK serta organsiasi kemasyarakatan,” jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Berazam itu menambahkan, dalam penerapan Germas tersebut, Pemkab Karimun juga akan membuat taman untuk jalur khusus sepeda.\

“Tidak hanya kawasan bebas kendaraan bermotor dalam penerapan Germas, nanti juga akan ada taman yang asri, jalur khusus sepeda, taman kota dan sebagainya,” tambahnya. (Riandi)