He (menghadap ke belakang), ABG yang tertangkap kasus curanmor, saat ekspose di Polsek Tanjung Balai, siang tadi. (ian)
He (menghadap ke belakang), ABG yang tertangkap kasus curanmor, saat ekspose di Polsek Tanjung Balai, siang tadi. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Polsek Meral mengamankan seorang anak di bawah umur yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berinisial He (17). Ia ditangkap, Rabu (22/3/2017) lalu, di kediamannya setelah pengembangan kasus curanmor lain yang ditangani Polsek Meral.

Kapolsek Balai Karimun, AKP Lulik Febryantra melalui Kanit Reskrim, AKP M Djais menjelaskan Polsek Meral yang mendatangi kediaman He di Parit Lapis, Kecamatan Meral. Hasilnya polisi menemukan satu unit sepeda motor Yamaha Vega yang sudah dipreteli.

“Setelah dicek ternyata sama dengan barang bukti laporan curanmor yang kita terima. Korban melaporkan kehilangan motor pada Minggu tanggal 19 Februari 2017 sekira pukul 21.30 WIB di parkiran Coastal Area,” jelas Djaiz, Senin (27/3/2017).

Menurut keterangan He kepada polisi, motor tersebut diantarkan seorang temannya untuk dicat. Dia juga mengaku memiliki bengkel.

“Tapi kita tidak temukan bengkel yang disebutkannya. Kemudian He bilang baru satu hari buka bengkel. Kita masih mendalami kasus ini,” ujar Djaiz.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, He ditahan dan harus menjalani proses hukum di Polsek Balai Karimun. Meski statusnya anak di bawah umur tapi kasusnya tidak bisa lagi diversi (pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana-red).

Ini tidak dapat dilakukan karena sebelumnya He pernah ditahan karena kasus yang sama dan dipenjara selama lima bulan.

“Ia dikenakan pasal 362 KUHP jo pasal 80 dengan ancaman empat tahun penjara, sebab diversi tidak bisa lagi karena sudah melakukan kasus yang sama,” ucapnya.

Sementara dari pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa, kerangka motor Yamaha Vega, beserta kerangka mesin yang sudah dipreteli. (ian)