Suasana pelantikan pengurus KONI Kabupaten Natuna. (KMG)
Suasana pelantikan pengurus KONI Kabupaten Natuna. (KMG)

Natuna, Lendoot.com – Atlet dari 21 cabang olahraga (cabor) dalam naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Natuna diperkirakan gagal ikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri IV yang akan dilaksanakan sesuai jadwal, 25 November sampai 1 Desember mendatang di Tanjungpinang.

Gagalnya KONI Natuna mengikuti ajang olahraga tahuhanan ini dikarenakan tidak adanya anggaran daerah. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, Senin (5/11/2018) di ruang kerjanya.

Menurut Wan Siswandi, anggaran yang disediakan untuk KONI tahun 2018 sebesar 2 milyar. Namun diakuinya anggaran tersebut belum bisa disalurkan mengingat tunda salur dari kementrian sebesar 193 milyar belum disalurkan hingga sekarang.

“Anggaran KONI sudah kita siapkan, persoalannya hingga kini pemerintah pusat belum ada menyalurkan anggaran tunda salur tersebut” ungkap Wan Siswandi.

Meski demikian Wan Siswandi menawarkan akan mencoba mencairkan 1 milyar untuk KONI pada pertengahan bulan, walaupun dirinya juga masih ragu uang akan dikucurkan oleh pemerintah pusat pada waktu yang ia janjikan.

Dengan dicairkannya separuh dari anggaran KONI, Wan Siswandi berharap sebagian cabor dapat mengikuti Porprov.

“Tapi itu pula, saya baru dapat laporan dari Dinas Pendidikan bahwa teman-teman seluruh cabor sepakat tidak ikut Porprov kalau hanya dikirim sebagian” terangnya.

Dalam mengatasi masalah ini, Wan Siswandi mengaku telah mengupayakan untuk mencari dana talangan dari BUMN maupun pihak swasta, namun hasilnya juga nihil.

Ini artinya, seluruh cabang olahraga di Kabupaten Natuna terancam gagal mengikuti Porprov Kepri.

Dilansir dari salah satu media online Natuna, Ketua Harian pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia cabang Kabupaten Natuna Zamroni, merasa kecewa ketidakpastian anggaran dari Pemkab Natuna.

Roni membantah pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk memberangkatkan kontingen Natuna untuk mengikuti pesta olahraga Porprov IV Kepri tersebut.

”Saya merasa kecewa ketidak tersediaan anggaran dari Pemkab Natuna membuat kita terancam gagal berangkat” ucapnya nya. minggu (4/5/2018 ).

Miris, para atlet Natuna telah mempersiapkan diri untuk ikut kompetisi ini, namun akhirnya keinginan dan harapan mereka membawa nama harum daerah kandas di tengah jalan.

Hal sedanda sampaikan Ridwan sebagai Ketua cabang  Bilyard  Natuna kepada Media ikut kecewa dengan tidak kepastian dan kelangsungan para atlit.

” Hasil keputusan Rapat,Para atlet secara keseluruhan tidak akan diikutkan untuk Porprov Kepri IV,padahal kita sudah siapkan para atlet untuk di berangkatkan,Sedih kita melihat para atlet kita”. jelas Ridwan.(KMG)