Waduk Sei Bati yang sudah dinormalisasi PDAM Tirta Karimun, foto diambil siang tadi.
Waduk Sei Bati yang sudah dinormalisasi PDAM Tirta Karimun. (sjs)

Karimun, Lendoot.com – Setelah tahun lalu penyambungan sumber air minum di Waduk Sei Bati dan Waduk Dang Merdu selesai, tahun ini pembangunan intalasi di Waduk Sentani mulai di bangun. Hal ini disampaikan Dirut PDAM Tirta Karimun, Indra Santo.

Disetujuinya proyek ini juga setelah Satuan Kerja dari Provinsi Kepri yang berkoordinasi dengan Dinas PU melakukan pengecekan lokasi pembangunan.

“Alhamdulillah kita (Karimun) dapat bantuan lagi. Satker sudah mengecek. Jadi proyek ini masa pengerjaan selama delapan bulan. Tahun ini sudah selesai,” kata Indra, Rabu (7/3/2018).

Jika proyek tersebut selesai, lanjut Indra, maka setidaknya sekitar 3.000 pelanggan baru akan dapat merasakan air bersih PDAM. Nantinya air dari Waduk Sentani akan disalurkan ke masyarakat di Kecamatan Karimun dan sekitarnya.

“Nanti air dari Sentani akan disalurkan ke bak penampungan di Bukit Tembak Meral, baru disalurkan ke masyarakat. Dengan kapasitas 50 liter perdetik ini dapat mengaliri 3.000 pelanggan. Meski dalam perhitungan sanggup sampai 5.000 tapi kita safety dulu,” ucap Indra.

Diketahui saat ini pelanggan PDAM di Kecamatan Karimun sekitar 5.000 rumah yang menggunakan air Waduk Sei Bati. Dengan adanya pembangunan ini diperkirakan masyarakat yang terlayani PDAM di Kecamatan Karimun menjadi 8.000. (ian)