Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru, Rabu (31/5/2017) malam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru (ian)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun akan mendapat penambahan daya kelistrikan sebesar 17.000 Kw pada tahun 2017. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Karimun saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru, Rabu (31/5/2017) malam.

“Akan ada penambahan daya kelistrikan di Karimun sebesar 17.000 Kw. Paling cepat mesinnya bulan Agustus sudah sampai, dan paling lambatnya Oktober. Di tahun 2018 akan ditambah lagi 20.000,” kata Rafiq saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru.

Kepastian tersebut didapat setelah Tim Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Pansus Raperda) Kelistrikan Provinsi Kepri mendatangi Kota/Kabupaten, termasuk Karimun. Dalam kunjungan tersebut Pemkab Karimun memaparkan kondisi kelistrikan yang ada, khususnya di wilayah luar Pulau Karimun Besar.

“Tadi ada dari Provinsi datang Ketua Pansus Bapak Irwansyah berserta Bapak Raja Bakhtiar, Bapak Iskandar dan Kepala Dinas SDM Provinsi, Pak Amjon. Jadi raperda akan memuat seluruh perihal kelistrikan di Kepri. Karena masalah listrik memang menjadi prioritas di Kepri termasuk di Karimun,” ucap Rafiq.

Rafiq menyebut bahwa nantinya, daya tambahan itu akan difokuskan bagi Pulau Karimun Besar, namun instansi terkait tengah melakukan kajian agar listrik juga bisa disalurkan ke beberapa wilayah, seperti Pulau Parit, Pulau Tulang, Tanjung Utan dan Tanjung Batu Kecil melalui jalur laut.

Selain itu, Rafiq menambahkan, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga tengah mendorong dua pihak swasta yakni PT Soma Daya Utama dan PT Karimun Power Plant agar segera dapat menyuplai listrik di Karimun.

“Mereka didorong untuk segera sehingga dapat menyuplai listrik untuk kawasan di zona insdustri. Sementara PLN untuk masyarakat,” tambahnya. (ian)