Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai wartawan
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai wartawan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka menunjang kebersihan di Kabupaten Karimun khususnya di luar pulau Karimun, pemerintah daerah akan segera membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kundur Barat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai, Senin (7/8/2017) kemarin disela-sela mengahadiri sosialisasi rencana pembangunan Kota Mandiri dan Pelabuhan di asrama haji, Kampung Baru, Kecamatan Tebing.

“Memang selama ini untuk penilaian Adipura kita masih fokus di Kecamatan-kecamatan di Pulau Karimun saja. Untuk itu di tahun 2018 pemerintah daerah akan membangun TPA di Kundur Barat,” kata Rafiq.

Rafiq menyebut, untuk Pulau Kundur yang terdiri dari tiga kecamatan, pemerintah daerah akan menyediakan satu lahan untuk TPA di kawasan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, dengan luas total sekitar 10 hektar. Tapi untuk tahap awal pemerintah baru akan menyiapkan lahan lima hektar.

“Sebenarnya sudah ada disiapkan lahan di tempat Paknang, tapi belum kita bebaskan karena permasalahan defisit anggaran daerah. Untuk awal nanti kita baru akan siapkan sekitar lima hektar. Mengingat volume sampah yang masih di bawah Pulau Karimun,” ucap Rafiq.

Sementara mengenai pengolahannya, pemerintah daerah berencana menyiapkan alat pemilah sampah bagi setiap kecamatan. Dengan alat yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur, itu diharapkan beban sampah ke TPA dapat semakin berkurang. (ian)