Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2017).(ian)
Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun.(ian)

Karimun, Lendoot.com – Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah tahun ini diperkirakan masih tiga bulan lalu. Jauh-jauh hari, pihak Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun mempersiapkan armada angkutan mudik lebaran dengan melakukan pemeriksaan armada kapal pengangkutnya secara intensif.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2017).

“Saat ini persiapan yang kita lakukan adalah pemeriksaan terhadap kapal,” kata Kasi Gamat, Syahrinaldi.

Syahrinaldi menyebutkan, selain melakukan pemeriksaan terhadap fisik kapal, pihaknya juga melakukan pengecekan awak kapal dan memberikan informasi tentang tata cara menghadapi cuaca ekstrem di laut.

“Selain melakukan pengecekan fisik kapal, kita juga periksa awak kapal dan memberikan informasi tentang cuaca sebab kami juga bekerja sama dengan BMKG,” ucapnya.

Ia mengatakan, beberapa hari yang lalu lonjakan penumpang untuk Domestik dan Internasional sempat meningkat. Hal ini dikarenakan upacara sembahyang kubur yang biasa dilakukan warga Tionghoa.

“Semalam masih agak ramai karena sembahyang kubur dan mereka kembali cukup ramai,” ujarnya.

Syahrinaldi menambahkan, untuk pengawasan setiap kapal pihaknya setiap harinya selalu melakukan pemeriksaan terhadap kapal. Hanya saja untuk menjelang puasa dan lebaran pihaknya melakukan secara intensif. (ian)